Comscore Tracker

Mulai Tahun Depan, Beli Motor Listrik Dapat Subsidi Rp6,5 Juta!

Mobil listrik juga akan dapat subsidi

Jakarta, IDN Times - Kabar gembira buat pencinta otomotif. Sebab mulai tahun depan pemerintah akan memberiksan subsidi sebesar Rp6,5 juta untuk setiap pembelian motor listrik.

"Segera kita luncurkan dengan subsidi. Misalnya motor ini kita lagi finalisasi berapa juta kita mau kasih subsidi," kata Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan, Rabu (30/11/2022).

Luhut mengatakan subsidi untuk motor listrik juga dilakukan Thailand. Namun subsidi yang diberikan Thailand untuk pembelian motor listrik sebesar Rp8 juta.

"Kita mungkin sekitar Rp 6,5 juta," tambahnya.

1. Mobil listrik juga turut mendapatkan subsidi

Mulai Tahun Depan, Beli Motor Listrik Dapat Subsidi Rp6,5 Juta!Hyundai IONIQ 5 (Dok. Hyundai Indonesia)

Luhut juga mengungkapkan bahwa pemerintah tengah mempersiapkan untuk memberikan subsidi pembelian mobil listrik.

"Mobil juga kita kasih subsidi karena dia tidak akan membeli bensin lagi. Tetap akan lebih untung menggunakan sepeda motor listrik daripada sepeda motor (menggunakan bahan bakar) fosil, begitu juga mobil," tuturnya.

Baca Juga: Keunggulan Mobil Hidrogen Dibanding Mobil Listrik 

2. Konversi motor konvensional dengan motor listrik

Mulai Tahun Depan, Beli Motor Listrik Dapat Subsidi Rp6,5 Juta!Motor listrik United E-Motor T-1800 (IDN TIMES/Fadhliansyah)

Tak cukup dari itu, Luhut mengatakan bahwa pemerintah sedang mempersiapkan konversi atau biasa disebut tukar mesin sepeda motor dengan motor listrik.

Dengan adanya konversi motor listrik, Luhut mengharapkan kualitas udara akan menjadi lebih baik karena tidak ada lagi asap dari kendaraan mobil dan motor.

3. Subsidi konversi kendaraan listrik tengah dipersiapkan

Mulai Tahun Depan, Beli Motor Listrik Dapat Subsidi Rp6,5 Juta!Motor listrik Gesits (Prescon Virtual Sinergi EV 2022)

Sebelumnya, pemerintah tengah menyiapkan insentif khusus untuk memperbanyak penggunaan kendaraan listrik. Salah satu insentif yang disiapkan adalah memberikan subsidi potongan harga.

Seakan tak cukup, pemerintah juga sedang berupaya untuk membuat harga konversi jadi lebih murah. Skema insentif berupa subsidi sedang dipersiapkan pemerintah agar bisa membuat konversi kendaraan listrik bisa jauh lebih murah.

Baca Juga: Mengintip Desain Motor Listrik Pertama Royal Enfield, Klasik Banget!

Topic:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya