Comscore Tracker

7 Suara Aneh Ini Menandakan Motor Kamu Lagi Gak Baik-baik Saja

Jangan sampai mogok di tengah jalan 

Jakarta, IDN Times - Motor itu seperti manusia. Mereka bisa menunjukkan tanda-tanda tertentu kalau lagi sakit. Sayangnya, gak banyak pengendara yang mengenal tanda-tanda kalau si motor tunggangannya mulai rusak.

Padahal cukup mudah mengenali tanda-tanda jika si motor mulai rusak. Salah satunya melalui suara aneh yang kerap muncul saat motor digunakan seperti dalam daftar di bawah ini. 

1. 'Srek..Srek' lalu 'Duk'

7 Suara Aneh Ini Menandakan Motor Kamu Lagi Gak Baik-baik Sajawikipedia.org

Kalau motormu mulai mengeluarkan bunyi atau suara 'srek..srek' lalu diikuti bunyi 'duk' saat motor direm mendadak, maka kemungkinan besar kopling atau sistem otomatis motormu aus.  

2. 'Tek..tek'

7 Suara Aneh Ini Menandakan Motor Kamu Lagi Gak Baik-baik Sajaotokarangendah.blogspot.sg

Nah, kalau motormu mulai mengeluarkan bunyi ini kamu wajib waspada! Pasalnya, bunyi itu menandakan kalau setelan katup pada motormu mulai renggang. 

Biasanya, bunyi ini akan makin keras terdengar kalau kamu memutar gas semakin tinggi. Kalau sudah mengeluarkan bunyi ini jangan menunda bawa motormu ke bengkel ya guys!

3. 'Tok..tok'

7 Suara Aneh Ini Menandakan Motor Kamu Lagi Gak Baik-baik Sajaabdulhaidy0509.blogspot.sg

Jika motormu mengeluarkan bunyi aneh ini, itu berarti karet 'kampret' yang terletak antara tensioner dan rantai kenteng di motormu mulai aus. Bunyi tersebut juga bisa menandakan kalau setelan rantai kenteng motormu terlalu kencang.  

Baca Juga: 15 Motor Ini Paling Laku di Indonesia, Pasti Kamu Salah Satu Pembelinya!

4. 'Sek..sek'

7 Suara Aneh Ini Menandakan Motor Kamu Lagi Gak Baik-baik Sajamotorbaru.com

Suara 'sek..sek' yang muncul di motormu bisa jadi menandakan kalau gear atau rantai motormu itu sudah mulai rusak. Sehingga, mau gak mau kamu harus segera mengganti biar bunyi aneh nan mengganggu itu gak keluar lagi. 

5. 'Ngung....'

7 Suara Aneh Ini Menandakan Motor Kamu Lagi Gak Baik-baik Sajawikipedia.org

Kalau bunyi ini muncul saat pertama kamu menyalakan motor, maka bisa jadi setang piston motormu mulai longgar. Bunyi ini kabarnya akan makin keras jika kondisi setang piston sudah mulai parah.

6. 'Krek..krek'

7 Suara Aneh Ini Menandakan Motor Kamu Lagi Gak Baik-baik Sajasulzer.com

Seperti disebutkan sebelumnya, jika kondisi kerusakan setang piston sudah mulai rusak parah maka motor akan mengeluarkan bunyi 'krek..krek' yang keras. Bunyi ini juga menunjukkan kalau bearing metal duduk dan metal jalan di kruk as mulai aus. 

Biasanya, bunyi ini akan diiringi dengan ketukan berat yang keras dan mengganggu. 

7. 'Trak..trak'

7 Suara Aneh Ini Menandakan Motor Kamu Lagi Gak Baik-baik Sajaotorider.net

Bunyi satu ini kabarnya akan kamu dengar kalau bagian stang piston atau kaki piston sudah mulai rusak. Ada baiknya, kamu segera memeriksakan mesin motormu di bengkel terdekat supaya motor gak makin rusak. 

Nah, itulah tadi guys 7 suara aneh yang bakal kamu dengar kalau si motor sudah mulai rusak alias 'sakit parah'. Kalau kamu sudah dengar suara-suara di atas, mending langsung periksakan motor kesayanganmu ke bengkel terdekat yah! Biar cepat 'sembuh' dan bisa kamu ajak keliling kota lagi dengan nyaman.

Baca Juga: Biar Gak Gampang Rusak, Jangan Lakukan 5 Hal Konyol Ini Pada Jok Motormu!

Topic:

  • Jumawan Syahrudin
  • Bunga Semesta Int
  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya