Comscore Tracker

Gunakan Cara Ini Agar Kampas Rem Motor Awet

Kampas rem motor perlu dirawat

Jakarta, IDN Times - Penggunaan rem yang terlalu sering tentunya membuat kampas rem motor cepat habis atau aus. Akibatnya, Anda sering ke bengkel untuk menggantinya.

Kampas rem motor biasanya memiliki umur pakai antara satu hingga dua tahun. Tentu saja, ini tergantung pada kualitas dan kebiasaan pengendara dalam menggunakan rem.

Agar lebih awet, jangan memacu sepeda motor dengan kecepatan tinggi dan usahakan jaga jarak dengan kendaraan di depannya. Sehingga, penggunaan rem bisa diminimalisir.

Selain itu, ada beberapa tips lain yang bisa dilakukan agar umur kampas rem motor panjang. Apa saja?

1. Bersihkan tromol rem secara berkala

Gunakan Cara Ini Agar Kampas Rem Motor AwetIlustrasi Rem Tromol (IDN Times/Dwi Agustiar)

Baca Juga: Cara Menghilangkan Baret pada Motor, Bisa Pakai Pasta Gigi Loh!

Tromol menjadi salah satu jenis pengereman pada sepeda motor. Kampas rem motor tromol memiliki karakter lebih besar dibandingkan cakram.

Pembersihan tromol secara berkala bisa membuat kampas rem motor awet. Sebab, tak jarang tromol dipenuhi dengan debu yang membuat kampas harus bekerja ekstra saat pengereman dilakukan.

2. Kaliper rem juga dibersihkan, ya!

Gunakan Cara Ini Agar Kampas Rem Motor AwetIDN Times/Dwi Agustiar

Sementara itu, bagi motor yang memiliki pengereman cakram, jangan lupa juga untuk membersihkan kaliper rem. Debu dan kotoran juga menjadi musuh kampas rem motor.

Kemudian, pastikan juga dudukan cakram rata. Sehingga saat roda berputar, saat tidak menginjak atau menarik rem, cakram tidak bersentuhan dengan bagian dari kampas rem.

3. Ganti minyak rem

Gunakan Cara Ini Agar Kampas Rem Motor AwetIDN Times/Dwi Agustiar

Mengganti minyak rem secara berkala juga menjadi salah satu langkah untuk membuat kampas rem motor berumur panjang. Setidaknya, ganti minyak rem motor setiap 20 ribu km.

Penggantian minyak rem ini dilakukan untuk mencegah penggumpalan yang bisa menyumbat hidraulis rem.

4. Pastikan bearing roda terlumasi

Gunakan Cara Ini Agar Kampas Rem Motor AwetIDN Times/Dwi Agustiar

Tips selanjutnya untuk menghemat kampas rem yakni memastikan bearing roda selalu terlumasi dengan baik. Bearing roda ini merupakan komponen yang menghubungkan antara tromol dengan as roda.

Pelumasan yang baik akan membuat perputaran roda lancar. Selain itu, bisa juga mencegah piringan cakram bersentuhan dengan kampas rem motor.

Baca Juga: Motor-motor Touring Bermesin Kecil, Lebih Murah dan Irit

Topic:

  • Jihad Akbar

Berita Terkini Lainnya