Comscore Tracker

3 Tips Merawat Helm Sepeda, Biar Awet dan Maksimal Melindungi Kepala

Jaga daya serap benturannya tetap mantap

Jakarta, IDN Times - Aksesori sepeda yang wajib digunakan saat gowes adalah helm. Sebab kita gak pernah tahu apa yang akan terjadi saat gowes. Nah, helm akan melindungi kepalamu jika terjadi benturan.

Karena itu helm sepeda wajib dirawat dan diperlakukan istimewa agar bisa melindungi kepala dengan maksimal. Nah, berikut tiga tips yang bisa kamu lakukan agar helm sepedamu awet dan berumur panjang.

1. Letakkan helm di tempat yang aman

3 Tips Merawat Helm Sepeda, Biar Awet dan Maksimal Melindungi Kepalaflickr.com/Alessandro Giura

Saran ini mungkin terdengar kontradiktif melihat fungsi helm sesungguhnya. Namun, benturan di sini adalah benturan yang disebabkan karena kesalahan klasik, seperti penyimpanan yang kurang hati-hati.

Helm sepeda mengandung bahan Expanded Polystyrene (EPS) yang membantu menyerap benturan. Daya serap EPS akan berkurang setelah setiap benturan. Benturan berskala kecil ini juga bisa merusak lapisan luar polikarbonat.

Karenanya, hindari menaruh helm sepeda di tempat yang rawan jatuh, seperti setang sepeda. Kalau kamu tidak keberatan mengambil perlindungan ekstra, kamu bisa kok gunakan tas helm sepeda. 

2. Hindari paparan suhu panas ekstrem

3 Tips Merawat Helm Sepeda, Biar Awet dan Maksimal Melindungi KepalaIlustrasi cuaca panas. Instagram.com/tayan_media

Selain benturan karena kesalahan klasik, helm sepeda juga harus dilindungi dari suhu panas yang ekstrem. 

Suhu panas ini bisa mengurangi daya serap benturan helm sepeda. Dan jika terpapar sinar matahari langsung, bisa membuat lapisan luarnya lebih rapuh.

Maka dari itu, jangan simpan helm di tempat yang mudah terpapar suhu panas, seperti di pinggir jendela, dasbor, kursi depan mobil, atau bagasi mobil.

3. Jauhkan helm sepeda dari cairan kimia keras

3 Tips Merawat Helm Sepeda, Biar Awet dan Maksimal Melindungi Kepalaflickr.com/Dave O

Busa dan cangkang helm sepeda juga rentan terhadap bahan kimia tertentu. Hal ini perlu diperhatikan salah satunya ketika mencuci sepeda.

Hindari penggunaan pembersih yang mengandung bahan kimia keras, seperti amonia atau pemutih. 

Jika berniat untuk mewarnai ulang helm sepedamu, jangan gunakan cat semprot. Cat jenis ini bisa menurunkan kualitas busa dan cangkang helm. 

Baca Juga: Jangan Asal Beli, 5 Helm Sepeda Ini Bisa Jadi Pilihan Menggiurkan

Topic:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya