Comscore Tracker

3 Tips Upgrade Sepeda Lipat, Awas Banyak Racunnya!

Yang penting sesuai kebutuhan dan nyaman

Jakarta, IDN Times - Bersepeda memang menyenangkan. Dan, percaya atau nggak, bikin nagih. Gak mengherankan jika saat ini semakin banyak orang bersepeda. Komunitas-komunitas sepeda pun bermunculan hampir di setiap kota.

Nah, salah satu sepeda yang kini sedang diminati adalah sepeda lipat atau seli. Sepeda ini cukup praktis karena bisa dilipat. Sehingga pas banget buat wara-wiri di jalanan perkotaan atau buat bike to work. Sebab sepeda ini bisa ditenteng naik KRL atau Bus Transjakarta.  

Hanya saja, karena didesain untuk komuter, maka sepeda lipat lebih mengutamakan kepraktisan dan mobilitas. Jadi kalau kamu mengejar performa, rasanya sepeda lipat bukan pilihan yang tepat.  

Tapi bukan berarti performa sepeda lipat gak bisa didongrak. Kamu bisa menaikkan performa sepeda lipat dengan cara mengupgradenya. Hanya saja biaya upgrade-upgrade ini gak murah, lho.

“Bahkan ada yang biaya upgradenya melebihi harga sepedanya. Biasanya brand-nya yang dipakai itu brand mahal. Merek-merek untuk upgrade sepeda yang udah terkenal,” kata Ketua Epicyclist Depok, Achmad Sofian, kepada IDN Times, beberapa waktu lalu. 

Di kalangan goweser, upgrade sepeda sering diistilahkan dengan 'racun'. Nah, biar gak keracunan, perhatian beberapa poin berikut dulu sebelum memutuskan untuk mengupgrade sepeda lipatmu, ya! 

1. Prioritaskan fungsionalitas dan kenyamanan

3 Tips Upgrade Sepeda Lipat, Awas Banyak Racunnya!pixabay.com/juanmamontero

Achmad mengatakan langkah pertama untuk meng-upgrade seli dengan budget yang ramah di kantong adalah dengan mengutamakan fungsionalitasnya. Tentukan terlebih dahulu bagian apa yang ingin di-upgrade.

“Nilai fungsionalnya itu yang nomor satu. Agar kita gak hanya mementingkan penampilan tapi gak mengubah fungsi. Cuma berubah penampilan aja itu kan sayang uangnya,” jelas Achmad.

Upgrade selimu sesuai medan yang sering kamu lalui. Upgrade yang bororientasi pada kenyamanan akan membuat bersepeda menjadi semakin nikmat.

Baca Juga: Daftar Harga Terbaru Sepeda United Pilihan, Semua Varian!

2. Utamakan spesifikasi di atas brand

3 Tips Upgrade Sepeda Lipat, Awas Banyak Racunnya!gearjunkie.com

Achmad menyebutkan pemilihan brand spare part akan sangat berpengaruh terhadap biaya upgrade-mu. Beberapa brand ternama seperti Shimano, SRAM, Fizik, Brooks, WTB, Rockbros tentu banderolnya lebih mahal dibandingkan brand-brand lokal.

Karena itu, sebelum memutuskan membeli brand-brand ternama, sebaiknya cek dulu brand-brand beberapa kelas di bawahnya. Siapa tahu brand-brand ternama hanya menang nama saja, sementara spesifikasinya tidak jauh berbeda. 

“Kalau memang ada brand yang fungsinya sudah cukup, gak usah kejar brand-brand mahal. Nanti harganya bisa lebih mahal,” kata Achmad.

3. Jangan sungkan ke bengkel, ya!

3 Tips Upgrade Sepeda Lipat, Awas Banyak Racunnya!freepik.com

Sekarang, setelah kamu mendapatkan spare part yang kamu inginkan, tinggal memasangnya di sepeda. Achmad mengatakan tak perlu sungkan untuk datang ke bengkel sepeda untuk memasangnya.

Sebab ongkos pemasangan spare part di bengkel biasa masih terhitung terjangkau, yaitu Rp30 ribu hingga Rp40 ribuan. Tapi lain cerita jika sepedamu adalah sepeda dengan merek premium. 

“Kecuali kamu punya sepeda yang premium. Itu mungkin akan menyesuaikan dengan harga bengkelnya yang premium juga,” kata Achmad. 

So, sudah siap mengupgrade sepeda lipatmu?

https://www.youtube.com/embed/0qQ4e24LKeg

Baca Juga: Kecelakaan Sepeda Sering Terjadi, Waspadai 4 Situasi Ini

Topic:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya