Comscore Tracker

Cara Menyetel Karburator Motor, Biar Langsam dan Irit

Cara termudah untuk menyetel karburator motor kamu

Jakarta, IDN Times - Saat ini sebagian besar motor baru memang telah dibekali teknologi injeksi. Dengan teknologi ini, sistem pembakaran tidak lagi menggunakan karburator. Tapi gak semua motor baru sudah injeksi, lho.

Masih ada beberapa pabrikan yang tetap menempelkan karburator pada motor anyar mereka, seperti Kawasaki W175. Alasannya antara lain karena motor yang menggunakan karburator lebih mudah dioprek. 

Nah, berikut berikut cara menyetel karburator motor biar langsam dan irit.

1. Siapkan obeng minus

Cara Menyetel Karburator Motor, Biar Langsam dan Irittokopedia.com/Obeng minus

Untuk menyetel karburator, kamu perlu menyiapkan obeng bermata minus (-). Ada dua sekrup yang terdapat di karburator, yaitu skrup untuk menyetel udara dan sekrup untuk menyetel gas.

Setelah itu, kamu perlu menghidupkan motor. Tujuannya untuk memastikan kondisi mesinnya baik-baik saja.

Baca Juga: Perbedaan Karburator dan Injeksi pada Motor yang Perlu Diketahui

2. Putar sekrup penyetel gas, lalu tutup sekrup penyetel udara

Cara Menyetel Karburator Motor, Biar Langsam dan Iritrpengines.com.au

Jika kondisi gas motor kamu terasa brebet, maka kamu harus menyetel karburator dengan cara memutar sekrup penyetel gas ke arah kanan atau searah jarum jam menggunakan obeng minus.

Ini bertujuan untuk membuat katup gas lebih terbuka, sehingga tekanan RPM akan meningkat. Untuk bisa mengetahui apakah sudah pas atau belum, kamu perlu memutarnya sambil memutar gas motor.

Apabila sudah pas, kamu perlu menutup sekrup penyetel udara. Tujuannya untuk mengurangi udara yang masuk ke mesin, sehingga putaran mesin kamu tidak akan brebet lagi.

3. Buka sekrup angin kemudian turunkan setelan gas

Cara Menyetel Karburator Motor, Biar Langsam dan Irityoutube.com/Menyetel karburator motor

Saat kamu menutup sekrup angin, jangan tunggu sampai mesin mati. Jika mesin mati sebelum salurannya ditutup, maka kamu harus menghentikan putaran sekrup angin, lalu biarkan mesin mencapai RPM terendahnya.

Selanjutnya, kamu perlu memutar sekrup ke arah kiri atau ke arah membuka. Tujuannya adalah untuk membuka saluran udara agar RPM secara perlahan dapat meningkat. Terakhir, kamu perlu menyalakan motor.

Jika motor bisa menyala dalam satu kali starter saja, maka setelan karburator kamu sudah benar. Namun jika belum, maka kamu harus melakukan setelan ulang.

Baca Juga: 5 Modifikasi Murah Pendongkrak Perfoma Motor Karburator

Topic:

  • Patrick Trusto Jati Wibowo
  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya