Comscore Tracker

Cara Mudah Memasang Lampu HID Pada Motor 

Memasang lampu HID motor agar riding lebih safety

Jakarta, IDN Times - Ada segudang manfaat jika kamu memasang lampu HID pada motor. Misalnya, jika kamu sering berkendara di malam hari, maka lampu HID dapat menunjang keselamatan kamu. Sebab pancaran lampu HID lebih terang dari lampu bohlam biasa.

Selain itu, lampu HID lebih efisien dalam menggunakan daya listrik dan lebih tahan lama. Kamu bisa menggantinya sendiri, lho. Untuk itu, ikuti langkah-langkah berikut ini.

1. Siapkan peralatan yang dibutuhkan

Cara Mudah Memasang Lampu HID Pada Motor amazon.in

Pertama, kamu perlu menyiapkan obeng dan kunci yang sesuai untuk membuka body motor, kemudian obeng minus kecil untuk mencongkel skun, kabel AWG sepanjang 1-2 meter, dan isolasi khusus listrik.

Sebelum memulainya, kamu harus memerhatikan kondisi aki motor harus dalam kondisi baik. Selain itu, perhatikan posisi kiprok motor kamu, dan jangan lupa kondisi kiprok motor juga harus prima. 

Baca Juga: Perbedaan Lampu Hologen, HID, dan LED, Mana Paling Terang? 

2. Buka body dan soket kiprok

Cara Mudah Memasang Lampu HID Pada Motor fjb.kaskus.co.id/ Kiprok Motor

Sebelum memasang, pastikan untuk mengubah arus listrik AC ke DC. Tujuannya adalah agar arus listrik menjadi stabil an aki motor kamu tidak gampang tekor. Untuk itu, buka body di bagian yang terdapat kiprok atau regulator pada motor kamu. Jika body motor sudah berhasil terbuka, maka kamu harus membuka soket kiprok asli. Kemudian, congkel dan cabut kabel warna kuning menggunakan obeng minus kecil, lalu bungkus dengan isolasi.

Cari kabel dari spull, kemudian congkel kabel pengisian, biasanya berwarna kuning bergaris putih. Sambungkan kabel tersebut dengan kabel tambahan, kemudian pasangkan ke kabel kontak motor kamu. Biasanya, kabel kontak berwarna hitam untuk motor buatan Honda, kuning dengan garis oranye untuk Suzuki dan merah bergaris  hitam untuk Yamaha. Jangan lupa untuk merekatkannya dengan isolasi listrik. Arus listrik sudah diubah, kamu bisa mulai pasang lampu HID motor.

3. Cari kabel lampu HID lalu sambungkan ke Aki

Cara Mudah Memasang Lampu HID Pada Motor shopee.co.id/Lampu HID

Sambungkan kabel lampu HID ke aki motor kamu. Pasangkan kabel merah ke kutub positif dan kabel hitam ke kutub negatif. Kemudian, pasang ballast di tempat yang tepat, lalu pasang bohlam lampu HID pada rumah reflektor.

Sambungkan lampu kabel untuk menyetel high dan low-nya. Selanjutnya, sambungkan soket lampu HID dan relay HID ke ballast. Lampu HID kamu sudah siap digunakan, selamat berkendara.

Baca Juga: 4 Penyebab Radiator Mobil Bocor, Bisa Bikin Mesin Overheat 

Topic:

  • Patrick Trusto Jati Wibowo
  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya