Comscore Tracker

Apa Sih Fungsi Fairing Pada Motor Sport?

Awalnya dirancang untuk pesawat terbang

Jakarta, IDN Times - Motor sport biasanya identik dengan fairing atau bodywork yang terpasang pada bagian depan. Fungsi fairing selain menambah estetika pada motor juga untuk menjadikan motor lebih aerodinamis sehingga lebih enak saat diajak membelah angin.

Karena itu hampir semua motor balap menggunakan fairing. Lihat saja motor-motor yang berkontes di MotoGP, ajang balap paling bergengsi di dunia. Tapi tahu gak sih kalau fairing sudah dikenal pada awal abad ke-20? Yuk, lebih mengenal motor full fairing!

1. Kapan fairing diciptakan untuk sepeda motor?

Apa Sih Fungsi Fairing Pada Motor Sport?Pinterest

Istilah "fairing" sebenarnya diciptakan untuk kebutuhan di industri pesawat terbang yang berkaitan dengan kelancaran aliran udara di atas pesawat. Upaya awal perampingan ini tidak berhasil dan mengakibatkan ketidakstabilan, serta berbagai masalah lainnya. Fairing pada sepeda motor seperti yang terdapat pada produk buatan Honda, Yamaha, dan Suzuki terkadang dapat mengganggu stabilitas motor dan menghasilkan sesuatu yang mirip dengan guncangan pada setang.

Fairing yang benar-benar asli pertama kali dipasang pada BMW R100RS yang meluncur pada tahun 1976. Ini adalah awal dari penggunaan fairing pada motor sport, touring dan berbagai gaya lainnya. Awalnya, penutup mesin diletakkan di sekitar bagian depan motor, yang dengan demikian dapat mendorong angin dan udara dengan lebih mudah di area depan motor. Akhirnya, komponen cowling ini menjadi bagian integral dari setiap desain motor modern. 

Baca Juga: Motor-motor Sport Touring Bekas Ini Dibanderol Kurang dari Rp10 Juta

2. Desain full fairing sering kita jumpai pada motor sport

Apa Sih Fungsi Fairing Pada Motor Sport?Honda CBR 600RR. (astra-honda.com)

Model full fairing biasanya terdapat pada sebagian besar motor sport seperti Honda, model Suzuki GSXR, Model Kawasaki Ninja dan berbagai model lainnya seperti Yamaha R1 dan R6. Jenis full fairing pada motir sport dirancang sebagai bantuan aerodinamis dan kaca depan pada sepeda motor yang jarang sekali digunakan. Namun sebenarnya, fairing lebih dimaksudkan untuk kepentingan tampilan dan estetika.

Fairings untuk sepeda motor yang penuh biasanya membantu dalam memberikan perlindungan pada mesin juga. Jika terjadi tabrakan, biasanya fairing yang mengambil gaya tumpul bukan mesin sepeda motor.

3. Body full fairing menawarkan sejumlah manfaat bagi pengendara

Apa Sih Fungsi Fairing Pada Motor Sport?google

Bodi full fairing biasa digunakan pada motor balap karena dapat meningkatkan performa. Dengan bentuk yang lebih aerodinamis, motor mampu berakselerasi lebih cepat. Dalam balapan, pengendara dapat merasakan manfaatnya karena mampu mencapai kecepatan yang lebih tinggi dalam waktu yang lebih cepat. Ini menciptakan keuntungan yang jelas dalam setiap kondisi balap apa pun, terutama dalam kondisi cuaca yang lebih ekstrim.

Selain itu, bodi full fairing dapat melindungi motor dari terpaan angin, dan ini berarti memiliki tingkat kestabilan yang tinggi. Ini menjadi keuntungan bagi pengemudi dan mengurangi risiko kecelakaan yang disebabkan oleh ketidakstabilan motor.

Dengan membelokkan angin, full fairing dapat menciptakan pengalaman berkendara yang jauh lebih aman dan nyaman. Suara bising yang dihasilkan oleh angin akan berkurang, dan dampak dari terpaan angin yang menabrak pengendara saat dalam kecepatan tinggi juga ikut berkurang. Ini berguna untuk menghadapi segala macam situasi, mulai dari berkendara penuh petualangan dalam kondisi berangin, hingga balapan dalam kecepatan tinggi. Dalam kondisi dingin, membelokkan udara dingin dapat menghindari pengendara dari suhu yang dingin di sepanjang perjalanan.

Baca Juga: 4 Pilihan Motor Sport Fairing di Bawah Rp40 Jutaan

Topic:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya