Comscore Tracker

4 Tanda Busi Motor Sudah Harus Diganti, Jangan Tunggu Mogok

Salah satunya bensin mendadak jadi boros

Jakarta, IDN Times - Busi memainkan peranan penting pada sistem kerja motor. Sebab busi berfungsi sebagai pemantik di dalam ruang bakar. So, jika busi bermasalah, maka pembakaran di dalam mesin pun bakal terganggu. Efeknya tenaga berkurang hingga motor mogok.

Menurut teori, busi seharusnya diganti setiap 10 ribu kilometer sekali. Tapi spesifikasi setiap busi berbeda, tergantung merek dan jenisnya. Nah, berikut beberapa gejala yang menandakan busi harus diganti.

1. Motor menjadi susah nyala

4 Tanda Busi Motor Sudah Harus Diganti, Jangan Tunggu Mogokultimatemotorcycling.com/Kick Starter Motor

Gejala busi sudah harus diganti yang paling mudah kenali adalah motor sulit dinyalakan pada pagi hari. Ini terjadi karena dalam keadaan dingin, biasanya mesin membutuhkan pantikan api yang stabil untuk menggerakkan piston.

Tetapi karena kondisi busi yang sudah menurun membuat pantikan api tidak sesuai dengan kebutuhan mesin. Alhasil motor jadi sulit dinyalakan.

Baca Juga: Duh Busi Mendadak Mati? Ini Cara Mengatasinya

2. Idle menjadi tidak stabil

4 Tanda Busi Motor Sudah Harus Diganti, Jangan Tunggu Mogokbrothermotor.com

Saat mesin sudah menyala, nyalanya tidak langsam. Hal ini terjadi karena kedua elektroda pada busi sudah tertutupi karbon sisa pembakaran. Jadi, arus listrik yang seharusnya berubah menjadi pantikan api akan berkurang tenaganya. Makanya mesin motor akan mudah mati.

3. Akselerasi mulai menurun

4 Tanda Busi Motor Sudah Harus Diganti, Jangan Tunggu Mogokdriving.co.uk

Gejala lain adalah menurunnya performa mesin. Kalau kamu merasakan gejala ini, segera ganti busi. Sebab jika terlambat bisa menyebabkan knocking pada mesin di putaran bawah. Biasanya knocking terjadi karena busi menembak sebelum piston mencapai titik mati atas.

4. Motor jadi boros bahan bakar

4 Tanda Busi Motor Sudah Harus Diganti, Jangan Tunggu MogokANTARA FOTO/Reno Esnir

Ciri lain busi harus diganti adalah konsumsi bahan bakar menjadi lebih boros dari biasanya. Ini disebabkan karena pembakaran tidak sempurna akibat busi tak lagi optimal. Jadi tunggu apalagi, segera ganti busi motor kamu sebelum terlambat, ya.

Baca Juga: Baru Tahu! Ternyata Begini Cara Kerja Busi Motor

Topic:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya