Comscore Tracker

5 Kekurangan Motor Listrik

Yuk, kenali kekurangan motor listrik!

Jakarta, IDN Times - Motor listrik diklaim mampu menjadi kendaraan yang praktis dan ramah lingkungan. Motor ini dibekali teknologi canggih dan gak perlu lagi menggunakan oli. Namun motor ini tetap memiliki kekurangan.

Ada beberapa kekurangan motor listrik yang dapat kamu jadikan pertimbangan apabila berminat membelinya. So, ini dia kekurangan motor listrik yang wajib kamu ketahui.

1. Bengkel masih jarang ditemukan

5 Kekurangan Motor Listrikilustrasi bengkel motor (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Kehadiran motor berbahan bakar memang masih mendominasi aspal jalanan. Sebab motor listrik belum begitu laris manis di pasaran. So, terlihat jelas bahwa bengkel resmi motor listrik ini masih jarang ditemukan di berbagai daerah.

Bahkan tempat servisnya tersebut bisa terhitung jari. Sehingga, kamu akan kesulitan untuk melakukan aktivitas perbaikan apabila terjadi kerusakan. Karena itulah motor listrik gak cocok dijadikan sebagai motor harian.

Baca Juga: Kawasaki Pamerkan Motor Listrik di Intermot 2022

2. Harga baterai tergolong mahal

5 Kekurangan Motor ListrikBaterai motor listrik Horwin SK3 (Horwin.eu)

Masih ada beberapa hal lain yang menjadi kekurangan motor listrik. Salah satunya yaitu harga baterai terbilang relatif mahal hingga saat ini. Harga tersebut dikatakan mahal karena memang pada dasarnya, baterai motor listrik gak dibuat secara sembarangan.

Jadi, ada beberapa faktor yang diperhitungkan. Seperti kapasitas baterai, daya tahan, beserta ukurannya agar tidak menciptakan desain motor terlalu bongsor. Bahkan kabarnya, beberapa baterai motor listrik juga harus dipesan dari luar negri terlebih dahulu.

3. Jarak tempuhnya terbatas

5 Kekurangan Motor Listrikmotor listrik Energica (motogp.com)

Meski ramah lingkungan dan digadang-gadang sebagai kendaraan yang baik untuk masa depan. Tetap saja motor ini gak bisa diajak melakukan perjalanan jarak jauh. Sebab jarang tempuhnya cukup terbilang sangat terbatas.

Hal itu kemungkinan besar terjadi akibat baterai motor listrik yang merupakan sumber tenaga utamanya, ternyata masih belum dimaksimalkan supaya mempunyai daya tahan lebih lama. So, kamu hanya bisa memilih motor listrik, hanya untuk jarak dekat saja yang gak membutuhkan waktu pemakaian berhari-hari.

4.Tenaga mesin terbatas

5 Kekurangan Motor Listrik

Tidak hanya jarak tempuh saja yang terbatas, namun tenaga mesinnya juga terbatas. Motor listrik sangat mengandalkan baterai sebagai tenaga utamanya. Hanya saja, saat ini masih sedikit motor listrik yang menawarkan mesin dengan tarikan kuat. Maka untuk kedepannya, kapasitas baterai setidaknya harus lebih besar lagi supaya mampu menggerakkan dinamo sebagai penggerak rodanya.

5. Ukuran baterai cukup besar

5 Kekurangan Motor ListrikBaterai Yamaha Neo's (Paultan)

Kekurangan terakhir dari motor listrik adalah ukuran baterai yang masih tergolong sangat besar. Gak heran kalau di beberapa motor listrik yang ada selalu memiliki desain bodi bongsor. Hal tersebut bertujuan agar baterai sebagai sumber tenaga utamanya dapat masuk ke dalam kompartemen di bagian bawah jok.

Baca Juga: KTM dan Bajaj Garap Motor Listrik Premium, Super Duke Listrik?

Topic:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya