Comscore Tracker

Recall PCX 160 dan ADV 160, Ini Penjelasan AHM

Yuk, simak berikut ini!

Jakarta, IDN Times - PT Astra Honda Motor (AHM) mengumumkan adanya penarikan kembali atau recall terhadap dua skutik keluaran terbarunya, PCX 160 dan ADV 160. AHM menyebut hal ini sebagai product update, karena ditemukan malfungsi pada CVT atau face set driven sehingga harus segera dilakukan pemeriksaan dan pergantian.

Namun AHM tidak menawarkan program product update ini kepada seluruh konsumen kedua skutik tersebut. Melainkan, hanya kepada konsumen yang mendapatkan surat pemanggilan saja untuk segera ke AHASS terdekat. Program ini berjalan dimulai pada September 2022, setelah diumumkannya recall tersebut.

1. Masalah terletak pada face set driven atau pulley belakang

Recall PCX 160 dan ADV 160, Ini Penjelasan AHMhonda pcx 160 (honda.co.jp)

Dalam keterangannya melalui undangan ke konsumen, ternyata part yang bermasalah tersebut terletak pada face set driven atau pulley belakang. Hal ini berpotensi menimbulkan suara berisik dan penuruan performa. Sebab adanya komponen yang gak sesuai spesifikasi.

"Ketebalan part tidak merata akibat proses produksi yang kurang sempurna, dimana dalam jangka panjang dapat berpotensi noise pada area CVT serta mengakibatkan penurunan kinerja dari part tersebut," tulis AHM dalam undangan yang beredar di forum Honda ADV 160 dan 150 di jejaring Facebook.

"Untuk menghindari hal tersebut,dilakukan pemanggilan konsumen dan penggantian komponen CVT (Pulley Assy., Driven) di bengkel resmi sepeda motor Honda tanpa dikenakan biaya," lanjut keterangan tersebut.

Baca Juga: Kredit All New Honda PCX 160 Termurah Rp1,4 Juta

2. Product update dilakukan sebagai bentuk tanggung jawab

Recall PCX 160 dan ADV 160, Ini Penjelasan AHMpotret motor Honda ADV 160 (astra-honda.com)

Pihak AHM mengaku bahwa program product update ini merupakan bentuk tanggung jawab pada konsumen agar kendaraannya tetap selalu dalam kondisi baik.

Kedua motor tersebut merupakan skutik keluaran baru Honda yang sama-sama dibekali mesin baru eSP+. Honda PCX 160 meluncur awal 2021, sementara Honda ADV 160 pada pertengahan 2022.

Baca Juga: Honda PCX 160 dan ADV 160 Jadi Primadona di GIIAS 2022

3. Honda PCX 150 juga sempat di-recall pada 2020

Recall PCX 160 dan ADV 160, Ini Penjelasan AHMHonda PCX 150 (Dok. IDN Times/Istimewa)

Fenomena recall ini bukan kali pertama yang dikampanyekan AHM. Sebab kejadian ini sempat dialami pengguna Honda PCX 150. Hanya saja masalah yang ditemukan bukan terletak pada bagian CVT, melainkan jeroan mesinnya. Tepatnya di bagian sprocket cam, yang berpotensi menyebabkan mesin mati mendadak apabila terjadi kerusakan.

Topic:

  • Rendra Saputra

Berita Terkini Lainnya