Comscore Tracker

7 Fakta Tentang TVS Apache RR 310, Sang Penantang 'Ninja' dari India

'Sang Hiu' siap duel melawan 'Ninja'

TVS Motor India telah meluncurkan sepeda motor terbaru mereka, yaitu TVS Apache RR 310. Sepeda motor ini nantinya akan berada di kelas yang sama dengan lightweight sport motorcycle lainnya, seperti Ninja 300, KTM RC 390 dan R3.

Apa saja keunggulan 'Sang Hiu' sehingga sepeda motor ini layak diperhitungkan dalam kancah persaingan lightweight sport motorcycle? Berikut 7 fakta tentang TVS Apache RR 310 yang harus kamu ketahui.

Siluet desain dari ikan hiu

7 Fakta Tentang TVS Apache RR 310, Sang Penantang 'Ninja' dari Indiaiamabiker.com

Dengan konsep awal dari TVS Akula, basis desain Apache RR 310 dirujuk dari siluet seekor hiu. Akula dalam bahasa Rusia berarti hiu. Hewan predator ganas ini dijadikan sebagai basis desain untuk menciptakan tampilan gagah sekaligus gahar pada Apache RR 310.

Fokus utama desain di titik beratkan pada front fairing yang dibuat tajam. Tak lupa bagian tail yang didesain meruncing menyiratkan bentuk ekor hiu meliuk anggun yang dengan sigap meluncur membelah lautan menyerang mangsanya.

Desain body menggunakan wind tunnel

7 Fakta Tentang TVS Apache RR 310, Sang Penantang 'Ninja' dari Indiaindianautosblog.com

Selain desain yang gahar dan gagah, Apache RR 310, dalam pembuatan body-nya telah melalui serangkaian tes, salah satunya adalah tes terowongan angin atau wind tunnel testing. Engineer TVS Motor menyatakan bahwa pendesainan body Apache RR 310 dalam wind tunnel ini bertujuan untuk meminimalisir gesekan antara udara dan body pada saat sepeda motor melaju dalam kecepatan tinggi.

Hal ini nantinya akan menambah performa dari Apache RR 310 sendiri yang dapat melaju hingga top speed 165 km/jam. Mantap!

Trellis frame dengan sub-frame terpisah

7 Fakta Tentang TVS Apache RR 310, Sang Penantang 'Ninja' dari Indiaindianautosblog.com

Apache RR 310 menggunakan rangka utama teralis dengan sub rangka belakang yang di-assembly terpisah. Hal ini bertujuan untuk meminimalisir kesalahan pada saat pembuatan frame sekaligus mempermudah dalam assembly frame agar lebih presisi. Hasilnya, Apache RR 310 sangat nimble dan stabil pada saat menikung. 

Mesin 312.2 cc powerfull dengan konfigurasi reverse incline cylinder

7 Fakta Tentang TVS Apache RR 310, Sang Penantang 'Ninja' dari Indiaindianautosblog.com

Mesin 312.2 cc ini merupakan hasil kerja sama antara TVS dengan BMW Motorrad. Mesin ini menggunakan konfigurasi yang unik, yaitu reverse incline cylinder, dimana intake yang pada mesin dipindahkan ke bagian depan. Oleh karena posisi intake yang berubah, posisi header knalpot pun ikut berubah menjadi di bagian tengah. Hal ini nantinya akan merubah centre of gravity sepeda motor itu sendiri.

Hasilnya, sepeda motor dapat dibuat lebih compact, tanpa harus mengorbankan handling dari sepeda motor itu sendiri. Selain itu, posisi intake yang berada di bagian depan dapat mempermudah masuknya campuran udara dan bahan bakar ke dalam ruang bakar dikarenakan adanya bantuan dari gravitasi. Hal ini tentu dapat meningkatkan performa sepeda motor karena proses pembakaran menjadi lebih cepat.

Dengan semua fitur unik itu, ada pengaruhnya ga ke performa? Beuh ga usah ditanya. Diatas kertas, Apache RR 310 powerfull dengan tenaga 34 Hp pada 9700 rpm dan torsi 27.3 Nm pada 7700 rpm. Apache RR 310 dapat melaju dari 0 hingga 60 km/jam dalam waktu 2.95 detik saja. Top speed? 165 km/jam. Kuenceeeng!

Speedometer digital dengan desain LCD tegak

7 Fakta Tentang TVS Apache RR 310, Sang Penantang 'Ninja' dari Indiaindianautosblog.com

Tampilan speedometer Apache RR 310 sangat unik. LCD vertikal ke atas dengan tachometer berada pada bagian samping. Keren! Lain daripada yang lain.

ABS dan projector lamp sebagai aksesoris standard

7 Fakta Tentang TVS Apache RR 310, Sang Penantang 'Ninja' dari Indiaindianautosblog.com

Apache RR 310 telah di lengkapi dengan ABS dan projector lamp sebagai fitur standard. ABS atau Anti-lock Braking System merupakan piranti anti-rem-ngunci kalo kamu memencet handle rem terlalu kencang. Jadi gak perlu takut jatuh. 

Lampu Apache RR 310 ini juga udah projector, gak perlu khawatir kalo mau berkendara malam hari.

Harga bersahabat

7 Fakta Tentang TVS Apache RR 310, Sang Penantang 'Ninja' dari Indiaiamabiker.com/

'Si Hiu' di India dihargai 2.05 Lakh atau sekitar 49 juta rupiah saja kalau dalam mata uang Indonesia. Lumayan worth it lah harganya mengingat fitur yang segambreng dan mesin yang powerfull.

Gimana? Tertarik buat beli? Secara TVS kan masih ada di Indonesia.

Roma Dalimunthe Photo Community Writer Roma Dalimunthe

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Community IDN Times

Topic:

  • Agustin Fatimah

Just For You