Comscore Tracker

Keunggulan Ban Tubeless, Bukan Cuma Antibocor

Ban tubeless lebih nyaman dari ban biasa

Jakarta, IDN Times - Ban tubeless saat ini jadi pilihan banyak biker. Sebab selain harganya semakin murah, ban jenis ini juga lebih tahan bocor dibandingkan ban jenis tube atau ban yang menggunakan.ban dalam.

Karena itu, kalau kamu masih menggunakan ban dalam, sebaiknya hijrah ke ban tubeless. Apalagi jika kamu sering melalui jalan yang banyak ranjau pakunya. Wajib deh ganti ke ban tubeless. Nah, berikut keunggulan menggunakan ban jenis tubeless.

1. Daya tahan ban lebih kuat

Keunggulan Ban Tubeless, Bukan Cuma AntibocorIlustrasi Ganti Ban Motor Bocor (IDN Times/Dwi Agustiar)

Ban tubeless adalah ban yang tidak perlu menggunakan ban dalam. Ban tubeless memakai inner yang merekratkan bagian ban dengan velg. Berkat fitur ini, ban tubeless punya daya tahan yang lebih kuat dibandingkan ban biasa.

Ban tubeless dapat menahan tekanan udara dari dalam, dan menjadikan tekanan angin pada ban tidak berkurang meski lama tidak dipakai. Daya adesif lem power yang lebih tinggi pada ban tubeless juga menjadikan ban ini lebih kuat.

Baca Juga: Cara Mengetahui Ukuran Tekanan Ban Mobil yang Tepat 

2. Tangguh menahan bocor

Keunggulan Ban Tubeless, Bukan Cuma AntibocorIDN Times/Dwi Agustiar

Sama seperti ban biasa, ban tubeless juga bisa mengalami bocor. Akan tetapi, bedanya dengan ban biasa, ban tubeless memiliki ketahanan yang lebih baik dalam menghadapi situasi kebocoran. Hal ini disebabkan ban tubeless tidak menggunakan ban dalam.

Selain itu, pemanfaatan partikel yang kuat pada ban tubeless dapat mengurangi risiko kebocoran akibat benda-benda tajam. Misal, ketika ban melindas paku, ban tubeless tidak akan langsung kehilangan tekanan, dan dapat bertahan dalam waktu lebih lama.

3. Manuver kendaraan jadi lebih baik

Keunggulan Ban Tubeless, Bukan Cuma Antibocorinstagram.com/yrfi_bengkulu

Ban tubeless juga membuat pergerakan kendaraan jadi lebih enak. Bentuk ban tubeless yang solid dan stabil membuat ban ini memiliki daya cengkeram yang lebih baik terhadap aspal jalanan dibandingkan ban biasa.

Alhasil, tidak cuma digunakan dalam kehidupan sehari-hari, ban tubeless pun kerap digunakan dalam berbagai ajang balap. Daya cengkeramnya yang baik terhadap aspal memberi pengaruh tersendiri bagi para pembalap.

4. Cocok untuk kondisi hujan

Keunggulan Ban Tubeless, Bukan Cuma AntibocorWahana Honda

Masih berkaitan dengan daya tahan, ban tubeless pun cocok dan aman digunakan dalam kondisi hujan. Tapak ban yang lebih lebar, relief grove, serta kembangan yang lebih dalam, menjadikan ban lebih aman digunakan ketika hujan.

Fitur-fitur ini juga yang membuat ban tubeless punya daya cengkeram yang kuat di jalanan, termasuk dalam kondisi hujan. Ban tubeless pun dijamin tidak akan mudah selip dalam situasi aspal jalanan yang licin.

Baca Juga: 4 Ciri-ciri Ban Sepeda Motor Kamu Sudah Harus Diganti

Topic:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya