Comscore Tracker

Ban Motor Harus Rutin Diganti, Ini Daftar Rekomendasinya 

Ban sering menjadi faktor penyebab kecelakaan

Jakarta, IDN Times - Ban motor merupakan komponen yang sangat penting pada sepeda motor. Karena itu komponen satu ini perlu diperhatikan dengan sangat teliti. Sebab banyak kecelakaan terjadi karena faktor ban, seperti ban kempes hingga ban pecah.  

Nah, berikut beberapa alasan kenapa ban harus diganti secara rutin serta tips memilih ban yang baik sekaligus rekomendasi ban-ban motor terbaik.

1. Mengapa ban motor perlu rutin diganti?

Ban Motor Harus Rutin Diganti, Ini Daftar Rekomendasinya Ilustrasi ban motor (unsplash.com/Vlad Kutepov)

Kondisi ban motor seiring masa penggunaan tentu tak akan sama seperti ketika awal pemakaian. Dan untuk performa-nya pun tak akan sebaik saat ban motor pertama kali digunakan. Nah, inilah alasan mengapa ban motor perlu rutin diganti:

1. Alur kembang ban motor sudah ‘gundul’

Tentu kamu sudah paham dengan istilah ‘ban gundul’? Yup, istilah ini mengacu pada alur kembang yang ada pada ban motor. Alur kembang ini mencegah motor untuk tidak mudah tergelincir terutama saat melewati jalanan yang licin.

2. Ban bergoyang saat melewati jalan menikung

Tanda lain bahwa ban motor perlu diganti adalah jika ban terasa bergoyang saat melewati jalan menikung. Hal ini disebabkan karena daya cengkram pada ban mengalami penurunan sehingga ban terasa bergoyang dan membuat pengendara jadi tak stabil.

3. Masa penggunaan ban hingga ban kondisinya sudah tak layak pakai

Jarak tempuh menjadi salah satu acuan ban motor perlu diganti. Untuk bagian ban depan harus diganti saat mencapai 12.000 km, sedangkan ban belakang harus diganti jika mencapai jarak tempuh 10.000 km.

Adapun untuk kriteria pergantian ban pada ban tubeless berbeda dengan ban motor biasa. Pada ban depan tubeless harus sudah diganti jika masa pemakaian 1 hingga 1,5 tahun, sedangkan ban belakang tubeless harus diganti saat masa pemakaian 10 hingga 12 bulan.

4. Ban terasa keras saat melewati jalanan rusak

Sensasi suspensi yang terasa keras ini disebabkan oleh alur pada ban yang sudah menipis sehingga ban terasa begitu keras. Karena hal inilah pengendara merasa tak stabil saat berkendara melewati jalanan yang rusak. Jika hal ini terjadi, maka kamu harus segera ganti dengan ban motor yang baru.

5. Tanda TWI pada ban sudah samar atau menipis

Tanda Thread Wear Indicator atau TWI pada ban bisa menjadi salah satu tanda ban perlu diganti atau tidak. Tanda ini terlihat pada bagian ban dengan dua jenis tanda, segitiga atau karet pada tengah ban. Jika tanda ini mulai tersamarkan, hal ini menandakan bahwa kamu harus mengganti dengan ban yang baru.

Baca Juga: Cara Biar Ban Motor Gak Kempis Saat Ditinggal Mudik

2. Tips memilih ban yang baik untuk sepeda motormu

Ban Motor Harus Rutin Diganti, Ini Daftar Rekomendasinya Ilustrasi ban motor (unsplash.com/Austris Augusts)

Memilih ban motor mungkin terlihat cukup simpel, namun ternyata ada aspek-aspek yang perlu kamu perhatikan sebelum mengganti ban motormu. Oleh karena itu, perhatikan hal-hal ini jika kamu akan mengganti ban baru untuk sepeda motormu:

1. Sesuaikan ban motor dengan tipe dan jenis motor

Kamu harus menyesuaikan ban motor sesuai dengan tipe dan jenis motormu. Jika motor yang kamu gunakan adalah motor offroad untuk bertualang, maka ban motor offroad merupakan pilihan yang tepat. Begitupun jika motor yang kamu gunakan adalah motor matic untuk penggunaan harian di jalan, maka ban motor untuk penggunaan di jalanan aspal merupakan pilihan yang tepat.

2. Alur pada ban disesuaikan dengan medan jalanan yang sering dilalui

Alur pada ban motor harus disesuaikan dengan medan lintasan yang sering kamu lewati menggunakan motormu. Sebagai contoh, jika kamu melewati jalanan yang kering serta panas maka ban dengan daya cengkeram tinggi dan tahan panas bisa kamu pilih. Kemudian jika kamu sering melewati jalanan yang licin dengan curah hujan yang tinggi, ban dengan alur yang lebih rapat adalah pilihan yang cocok untuk medan lintasan ini.

3. Pastikan ban motor yang kamu pilih sesuai dengan kebutuhan

Pemilihan pada ban motor harus disesuaikan dengan kebutuhan berkendaramu. Sebagai contoh, ban motor untuk penggunaan harian akan sangat berbeda spesifikasinya dengan ban motor yang khusus digunakan untuk perjalanan jauh. Begitupun pula ban motor yang digunakan untuk bertualang di jalanan yang menantang dengan ban motor untuk melintas di jalan raya akan berbeda satu sama lain.

4. Pastikan ketebalan ban motor sesuai dengan motormu

Beberapa motor ada yang lebih cocok menggunakan ban dengan ketebalan tinggi, begitu juga terdapat beberapa motor yang lebih cocok menggunakan ban dengan ketebalan yang sedang. Oleh karena itu sesuaiakan tipe ketebalan ban dengan motormu, dan hindari ban dengan ketebalan yang tipis karena cukup riskan untuk menganggu performa motor saat di jalan.

5. Ukuran ban motor perlu diperhatikan

Ukuran ban harus sesuai karena dapat mempengaruhi keselamatan berkendara saat di jalan. Karena itu, kamu perlu memperhatikan ukuran pelek dan ban motor sebelum membeli ban yang baru.

6. Pilih ban dengan tahun pembuatan terbaru

Pada setiap ban biasanya mencantumkan waktu produksi dengan kode unik di ban. Ban dengan waktu produksi yang lama memiliki performa yang lebih lemah dibandingkan ban dengan waktu produksi terbaru. Sehingga pilih ban dengan tahun pembuatan terbaru agar performa motor di jalan tak terhambat.

7. Percayakan ban pada merek yang terpercaya

Agar tak salah pilih, kamu bisa membeli ban motor dari merek yang terkenal dan banyak digunakan. Merek motor yang terpercaya memiliki kualitas yang lebih terjamin dibandingkan merek tak terkenal, karena sudah banyak digunakan sehingga lebih familiar dan biasanya lebih direkomendasikan oleh bengkel atau penjual spare part.   

3. Rekomendasi ban motor yang bisa kamu pilih

Ban Motor Harus Rutin Diganti, Ini Daftar Rekomendasinya Ilustrasi ban Michelin, salah satu merek ban yang direkomendasikan untuk motor (https://www.michelin.co.id/)

Setelah mengetahui tanda-tanda kapan kamu harus mulai mengganti ban motor hingga tips pemilihan ban motor yang bagus, sekarang saatnya kamu memilih ban motor yang sesuai dengan sepeda motor kesayanganmu. Untuk bahan referensi, berikut rekomendasi ban motor yang bisa kamu pilih:

1. Ban Motor Michelin

Nama Michelin pada ban motor tentu sudah sangat familiar. Sejak 1907, Michelin banyak memproduksi ban-ban dengan kualitas yang dapat diandalkan mulai dari ban motor hingga ban mobil. Adapun ban motor Michelin dibanderol mulai dari Rp. 250 ribuan.

2. Ban Motor Dunlop

Satu lagi ban motor yang sudah diproduksi dari sejak dulu. Dunlop terkenal dalam memproduksi ban-ban mulai dari ban motor hingga ban mobil. Keunggulannya yang kuat di segala macam cuaca serta harganya yang cukup terjangkau menjadikan Dunlop patut diandalkan untuk ban motormu. Harga ban motor Dunlop dibanderol mulai dari Rp. 157 ribuan. 

3. Ban Motor Bridgestone

Merek Bridgestone untuk ban motor juga sudah cukup terkenal di Indonesia. Menggunakan dominasi karet sintetik dibandingkan karet alam, ban motor Bridgestone diklaim lebih memiliki daya cengkram yang kuat serta masa waktu pemakaiannya lebih awet hingga bertahun-tahun. Harga ban motor Bridgestone ini dibanderol mulai dari Rp. 1,2 jutaan. Terbilang mahal memang, namun masa pemakaiannya yang lama dan awet dirasa masih cukup ekonomis.

4. Ban Motor Pirelli

Selain terkenal, ban motor dari Pirelli juga diklaim memiliki keunggulan yang kompetitif dengan teknologi-teknologi yang tersemat di ban ini. Ban motor ini banyak digunakan untuk kendaraan-kendaraan mewah dari Eropa serta digunakan di ajang balap bergengsi seperti MotoGP dan Superbike. Untuk harga, ban motor Pirelli dibanderol mulai dari Rp. 250 ribuan. 

5. Ban Motor Battlax

Satu lagi varian ban motor dari Bridgestone yang banyak direkomendasikan untuk motor. Battlax diklaim memiliki kualitas yang dapat diandalkan melalui proses riset dan pengembangan teruji dan dalam waktu yang lama. Untuk harga ban motor Battlax ini dibanderol mulai dari Rp. 625 ribuan.

6. Ban Motor Swallow

Alur pada ban motor Swallow yang khas diklaim mampu membelah air sehingga mampu mencengkeram denga  baik di jalanan yang basah. Selain itu daya cengkramnya ini juga diklaim tetap kuat di jalanan panas sekalipun, sehingga cocok untuk digunakan di sirkuit balapan. Harga ban motor Swallow pun cukup terjangkau, dibanderol mulai dari Rp. 98 ribuan.

7. Ban Motor Aspira

Aspira diklaim telah menyematkan teknologi mutakhir dengan standar yang tinggi, sehingga ban memiliki daya cengkeram yang lebih kuat, traksi ban dengan aspal sangat tinggi, hingga dapat memiliki daya tahan yang tinggi di berbagai kondisi medan jalanan. Untuk harga ban motor Aspira dibanderol mulai dari Rp. 107 ribuan.

8. Ban Motor IRC 

IRC atau Inoue Rubber Company merupakan merek ban dari Negeri Sakura, Jepang, dengan varian ban yang lengkap hingga kualitasnya pun terjamin. Ban IRC diklaim memiliki masa pakai yang panjang hingga bertahun-tahun serta nyaman digunakan untuk harian. Untuk harga ban motor IRC ini dibanderol mulai dari Rp. 135 ribuan.

9. Ban Motor Metzeler

Mulai memproduksi ban sejak 1892, ban motor Metzeler memiliki kualitas yang terjamin dengan penerapan teknologi yang terus dikembangkan. Inovasi-inovasi yang disematkan pada ban motor Metzeler mulai dari Multi Zone Tension yang memberikan kinerja yang sesuai dengan kebutuhan motor hingga Multiple Radius Contour dengan kelengkungan pada ban yang unik. Untuk harganya sendiri dibanderol mulai dari Rp. 1,2 jutaan. 

10. Ban Motor Maxxis 

Memproduksi ban tubeless dan ban biasa, Maxxis juga memiliki varian yang cukup lengkap sehingga kamu bisa menyesuaikan ban motor dengan tipe dan kebutuhan motormu. Harganya pun cukup bervariasi, mulai dari Rp. 150 ribuan.

11. Ban Motor Mizzle

Dengan menyematkan teknologi Nano Silica, ban motor Mizzle mampu mengendalikan suhu pada pada ban sehingga lebih aman dan nyaman saat digunakan untuk berkendara. Selain itu ban motor Mizzle memiliki desain yang dinamis, sangat cocok digunakan bagi anak muda. Untuk harga dari ban motor Mizzle ini dibanderol mulai dari Rp. 150 ribuan.

12. Ban Motor Zeneos

Merupakan produsen ban motor terbesar di Asia Tenggara, ban motor Zeneos menyematkan berbagai teknologi pada setiap ban hasil produksinya mulai dari Advanced Grip Design (AGH) hingga compound High Speed Grip (HSG). Kombinasi teknologi ini membuat ban motor sangat aman dan nyaman saat digunakan untuk berkendara dengan berbagai macam aktivitas. Harga dari ban ini sendiri dibanderol mulai dari Rp. 123 ribuan.

13. Ban Motor Corsa

Corsa menawarkan jenis ban motor yang sangat beragam, mulai dari ban motor sport hingga offroad. Selain itu daya cengkeram pada ban-nya pun cukup kuat dengan adanya tread compound dan material karet elastis yang nyaman untuk digunakan di berbagai medan jalanan. Konstruksi karet dinding pada ban juga menjadikan ban motor Corsa sangat tangguh menghadapi benturan dan stabil saat melaju. Untuk harga ban ini dibanderol mulai dari Rp. 103 ribu.

14. Ban Motor FDR

Untuk ban dari dalam negeri yang recommended datang dari FDR. Kualitasnya pun tak kalah dari ban-ban luar negeri, dengan alur yang tegas dan tajam cocok untuk bermanuver di jalanan aspal. Sistem penguncian bead wire pada ban motor FDR juga mampu menjaga ban tetap pada posisi yang tepat di bagian velg sehingga lebih stabil saat digunakan berkendara. Untum harga ban motor FDR dibanderol mulai dari Rp. 107 ribu. 

Penulis: Syahrial Maulana Sudarto

Baca Juga: 3 Cara Membaca Kode pada Ban Mobil, Ternyata Caranya Mudah

Topic:

  • Bunga Semesta Int
  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya