Comscore Tracker

Tips Beli Motor Bekas, 5 Bagian Ini Harus Kamu Cek Kondisinya

Beli motor bekas berasa motor baru

Motor bekas atau second memang belakangan ini banyak sekali peminatnya, harganya yang murah tapi motor tetap berkualitas. Tapi tidak sedikit orang mengira membeli motor bekas tidak akan tahan lama, karena sudah bekas pakai orang yang pastinya ada kerusakan.

Buat kamu yang tidak mau rugi ketika hendak membeli motor bekas haruslah hati-hati, teliti dan jangan terburu-buru. 5 bagian motor ini harus kamu cek sebelum memutuskan untuk membeli, yuk simak apa saja baginya.

1. Lihat bodynya

Tips Beli Motor Bekas, 5 Bagian Ini Harus Kamu Cek Kondisinyapexels.com/Daria Sannikova

Motor yang terawat bisa dilihat dari kondisi bodi-nya jika mulus dan kinclong berarti kamu patut yakin motornya aman. Selain itu pengecekan ini juga untuk mengetahui apakah sudah pernah jatuh, tabrakan atau lainnya. Jangan lupa bagian headlamp-nya juga harus benar-benar dicek supaya yakin.

2. Onderdil motor

Tips Beli Motor Bekas, 5 Bagian Ini Harus Kamu Cek Kondisinyapixabay.com/RonaldPlett

Biasanya orang banyak ketipu karena mereka tidak ingat menanyakan onderdil pada motor yang hendak dibeli. Biasanya motor bekas jarang yang masih menggunakan onderdil asli dari pabrik, kebanyakan sih palsu. Hal ini amat sangat merugikan karena motor bisa macet di tengah jalan atau bahkan rusak.

Baca Juga: Motor-Motor Bekas Ini Bisa Kamu Beli dengan Harga di Bawah Rp5 Juta

3. Speedometer

Tips Beli Motor Bekas, 5 Bagian Ini Harus Kamu Cek Kondisinyapexels.com/Oleg Magni

Kenapa ini harus kamu cek? Jawabannya sih untuk mengetahui berapa jarak atau km motor sudah pernah digunakan, semakin pendek jaraknya maka akan semakin bagus.

4. Oli

Tips Beli Motor Bekas, 5 Bagian Ini Harus Kamu Cek Kondisinyapixabay.com/ChopyWorks

Hal ini untuk memastikan apakah masih ada atau tidak. Kamu juga harus tanyakan kepada penjual merek oli yang digunakan, berapa kali biasanya penggantian oli dilakukan dan mengetahui apa yang terjadi jika oli kebanyakan. Walaupun sepele tapi hal ini harus ditanyakan supaya mesin motor terawat dan awet.

5. Cek surat-surat dan cocokkan nomor mesin

Tips Beli Motor Bekas, 5 Bagian Ini Harus Kamu Cek Kondisinyapixabay.com/PIRO4D

Nah, ini yang paling banyak dilewati oleh seorang pembeli, ini sangatlah penting apakah motor kamu benar-benar terdaftar, bukan motor blong dan bukan motor hasil kejahatan. Kamu bisa cek surat-suratnya dan yang terakhir adalah dengan mencocokkan nomor mesin motor dengan yang ada di surat-suratnya.

Itulah 5 bagian motor yang harus kamu cek sebelum membeli motor bekas, jangan sampai kamu menyesal karena salah memilih. Semoga bermanfaat.

Baca Juga: 5 Motor Touring Bekas, Harganya Kini di Bawah Rp50 Juta!

Sumahir Hidayanto Photo Verified Writer Sumahir Hidayanto

Saya seorang remaja yang baru lulus SMK, belum bekerja dan masih minta makan orang tua. Tapi aku bangga!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Indra Zakaria

Berita Terkini Lainnya