Comscore Tracker

5 Skuter Matik Ini Sudah Dibekali Rem ABS, Lebih Aman di Jalan 

Salah satunya Yamaha NMax

Jakarta, IDN Times – Skuter matic memang praktis banget buat wara-wiri di jalanan perkotaan yang macet. Kamu tinggal gas-rem saja tanpa harus repot memindahkan gigi atau menarik tuas kopling.

Namun riset yang dilakukan Bosch dan Universitas Indonesia pada 2017 menunjukkan ternyata sepeda motor rawan mengalami kecelakaan. Survei tersebut menyebutkan 72 persen kecelakaan di jalan raya di Indonesia melibatkan sepeda motor. 

Mengerikan, ya. Padahal kecelakaan bisa diminimalisir, lho. Caranya dengan meningkatkan kesadaran berkendara dan menyematkan teknologi pengereman terkini,anti-lock braking system (ABS).

Nah, berikut motor-motor harian yang telah dilengkapi dengan fitur rem ABS.

1. Motor Yamaha Aerox 155 VVA ABS

5 Skuter Matik Ini Sudah Dibekali Rem ABS, Lebih Aman di Jalan www.yamaha-motor.co.id

Selain dibekali sistem penegerman ABS, motor satu ini djuga dilengkapi mesin 155cc generasi baru dengan "Variable Valve Actuation" (VVA) yang membuat performanya menjadi sangat bertenaga.

Yamaha juga telah menerapkan teknologi Forged Piston & DiAsil Cylinder yang kuat dan ringan sehingga performa mesin menjadi lebih maksimal, serta dilengkapi juga dengan Smart Motor Generator (SMG) yang membuat suara motor lebih halus saat dinyalakan.

Baca Juga: Fungsi Rem ABS, Bisa Meminimalisir Kecelakaan

2. Yamaha NMax 155 ABS

5 Skuter Matik Ini Sudah Dibekali Rem ABS, Lebih Aman di Jalan Humas/Yamaha Indonesia

Yamaha NMax 155 menggunakan mesin yang sama dengan Aerox 155. Sehingga tidak ada perbedaan perfoma signifikan dengan Aerox 155. Perbedaan paling mendasar ada pada desain bodi motor. 

Keduanya sama-sama mengadopsi desain gambot. Namun Yamaha NMax sepertinya lebih ramah buat boncenger. Selain itu NMax lebih berkonsep touring sementara Aerox lebih kental aura sportnya. 

3. Honda PCX 150 ABS

5 Skuter Matik Ini Sudah Dibekali Rem ABS, Lebih Aman di Jalan honda

Honda PCX 150 dibekali mesin 4 Langkah, SOHC, PGM-FI, berpendingin cairan, eSP
dengan sistem suplai bahan bakar injeksi. Motor ini bisa memuntahkan 10,8 kW (14,7 PS) pada  8.500 rpm dan torsi maksimum 13,2 N.m (1,35 kgf.m) pada 6.500 rpm.

Tenaga tersebut cukup besar namun tersalurkan secara halus ke roda sehingga tidak terasa menyentak saat digeber. Motor ini sangat nyaman untuk dipakai harian.

4. Piaggio Liberty ABS

5 Skuter Matik Ini Sudah Dibekali Rem ABS, Lebih Aman di Jalan .piaggio.com

Kalau kamu bosan dengan motor yang sering wara-wiri di jalanan, kamu bisa menoleh ke Piaggio Liberty ABS. Sebab motor ini termasuk jarang pemakainya, sehingga terasa eksklusif dan pasti akan jadi pusat perhatian.

Jika melihat sekilas, desain motor satu ini memang agak aneh. Tapi setelah dilihat secara seksama, akan terlihat betapa build quality motor ini sangat jempolan. Kesan anggun dan mewah memancar kuat dari motor ini.

5. Piaggio Medley ABS

5 Skuter Matik Ini Sudah Dibekali Rem ABS, Lebih Aman di Jalan .piaggio.com

Desain Piaggio Medley ABS memang bukan selera semua orang, namun siapa pun yang naik di atasnya pasti akan sepakat dengan kenyamanannya. Yup, motor satu ini memang nyaman banget. 

Joknya empuk, handlingnya stabil, dan suspensinya pas. Jadi tidak oleng ketika melaju cepat tapi juga tetap empuk saat melibas jalan buruk. Sementara mesinnya bisa menyeburkan mengembuskan power hingga 11 kW pada 7750 rpm dan torsi 14.4 Nm per 6400 rpm.

Baca Juga: Indonesia Perlu Tiru Korsel Agar Gesits Menjadi Motor Nasional

Topic:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya