Comscore Tracker

4 Fakta Menarik Seputar Kymco, Perintis Skutik di Tanah Air

Pernah digaet Honda, BMW, dan Kawasaki!

Jakarta, IDN Times – Banyak yang tidak sadar jika tren motor skuter matik di tanah air dipelopori oleh KYMCO. Yup, pabrikan otomotif asal Taiwan ini menjadi salah satu perintis hadirnya motor-motor matik yang kini merajai jalanan tanah air.

Beberapa skutik KYMCO yang pernah dan bahkan masih beredar di Indonesia adalah Free LX, KYMCO Easy, KYMCO Trend, hingga KYMCO Metica. Adakah salah satu dari motor-motor tersebut yang kamu ingat?

KYMCO sendiri merupakan kependekan dari Kwang Yang Motor Co Ltd. Selain memproduksi motor dengan berbagai varian dan kelas, KYMCO juga memproduksi ATV. Nah, berikut beberapa menarik hal yang perlu kamu tahu tentang KYMCO.

1. Pernah jadi bagian dari Honda

4 Fakta Menarik Seputar Kymco, Perintis Skutik di Tanah Airinstagram.com/kymcoindonesia

Sebelum menjadi produsen otomotif yang berdiri sendiri, KYMCO sebelumnya pernah menjadi bagian dari salah satu raksasa otomotif, Honda, dan menjadi penyuplai suku cadang untuk produsen tersebut. Namun akhirnya, keduanya berpisah pada 1963.

Baca Juga: Dibandrol Rp28 Jutaan, Ini 5 Keunggulan Kymco Like 150i

2. Skuter pertama diproduksi pada 1970

4 Fakta Menarik Seputar Kymco, Perintis Skutik di Tanah Airmoto.zombdrive.com

Setelah memisahkan diri dari Honda, KYMCO terus menerus berusaha untuk menghasilkan produknya sendiri, dan akhirnya berhasil menyelesaikan skuter pertamanya di tahun 1970. Baru di tahun 1992, secara resmi skuter-skuter ini dipasarkan dengan nama KYMCO.

3. Naik daun, jadi brand ternama

4 Fakta Menarik Seputar Kymco, Perintis Skutik di Tanah Airmcnews.com.au

“Usaha tak pernah mengkhianati hasil” adalah istilah yang tepat untuk produsen ini sebab di tahun 2002 akhirnya menjadi produsen skuter matik terbesar di Taiwan, juga menjadi yang terbesar kelima di dunia.

4. KYMCO mulai dipercaya pabrikan dunia

4 Fakta Menarik Seputar Kymco, Perintis Skutik di Tanah AirBerbagai Sumber

Melansir dari laman Dealer News dan The Truth About Cars (TTAC), di tahun 2008 KYMCO terpilih menjadi brand yang dipercaya untuk menyuplai mesin bagi salah satu produsen sepeda motor besar atau premium, BMW, tepatnya untuk dirtbike G450. Begitu juga untuk suku cadang seperti range extender bagi mobil listriknya, yakni BMW i3

Lanjut di tahun 2013, Kawasaki mengumumkan kerja sama dengan KYMCO untuk membuat salah satu skuter matik, J300.

Baca Juga: Kymco Rilis Skuter Klasik Like 150i, Fiturnya Kekinian Banget

Topic:

  • Yohanes Nugroho
  • Dwi Agustiar

Just For You