Comscore Tracker

Kenapa Motor Trail Jadi Andalan Polisi Menghalau Pengunjuk Rasa?   

Motor trail bisa melahap berbagai varian jalan

Jakarta, IDN Times – Aksi unjuk rasa berakhir ricuh terjadi di Manokwari, Papua Barat, Senin pagi (19/8). Satu Gedung DPRD Papua Barat dibakar massa dan sejumlah ruas jalan di Manokwari diblokir.

Polisi tak tinggal diam. Mereka menurunkan antara lain kendaraan penghalau massa. Selain mobil, Polisi ternyata juga punya motor khusus untuk menghalau massa. Nah, berikut beberapa di antaranya.

1. Kawasaki KLX 150

Kenapa Motor Trail Jadi Andalan Polisi Menghalau Pengunjuk Rasa?   bikereview.com.au

KLX 150 masuk ke dalam salah satu motor paling overrated di Indonesia, terutama pada segmen motor trail. Hal ini mungkin saja terjadi karena belum banyak pabrikan motor yang menciptakan motor pada segmen ini di Indonesia.

Motor ini menggendong mesin SOHC 144cc 4 tak silinder tunggal menghasilkan tenaga maksimal 12ps, dan masih menggunakan karburator.

Remnya sudah menggunakan cakram di depan dan belakang supaya lebih mampu mencengkram motor agar dapat berhenti dengan lebih cepat.

Baca Juga: Ini 3 Kendaraan Penghalau Massa Milik Polri, Pencegah Kerusuhan!

2. Suzuki DR200S

Kenapa Motor Trail Jadi Andalan Polisi Menghalau Pengunjuk Rasa?   driven.co.nz

Motor ini masuk ke dalam segmen motor trail dengan mesin SOHC 4 tak 199cc dan sama seperti motor sebelumnya, masih menggunakan karburator, belum injeksi. Dengan penggunaan mesin ini, DR200S mampu menghasilkan tenaga sebesar 20 hp pada 8000 rpm dan akan mencapai torsi maksimal 17,7 Nm di 7000 rpm.

Untuk pengeremannya, motor ini menggunakan cakram pada rem depan dan masih menggunakan tromol pada bagian belakang.

Nah, motor ini adalah pengganti KLX 150 yang sebelumnya sudah digunakan satuan Polri, dan tidak dijual secara umum lho, khusus hanya untuk polisi.

Buat yang belum tahu, motor karburator dipilih karena lebih mudah untuk diperbaiki dibanding motor injeksi, meskipun cenderung agak lebih boros.

3. Honda CRF250L Rally

Kenapa Motor Trail Jadi Andalan Polisi Menghalau Pengunjuk Rasa?   totalmotorcycle.com

Tak cuma Polri, TNI juga tidak mau kalah soal penggunaan motor untuk situasi genting. Motor yang digunakan adalah Honda CRF250L Rally.

Yap, sesuai banget dengan namanya, motor ini juga masuk ke dalam segmen motor trail, menggendong mesin DOHC 250cc satu silinder, mampu menghasilkan tenaga sebesar 18.2 kw di 8500 rpm, serta mencapai torsi maksimum 22.6 Nm pada 6.750 rpm. Berbeda dengan dua motor sebelumnya, untuk yang satu ini sudah berbekal fuel injection.

4. Kenapa selalu motor trail?

Kenapa Motor Trail Jadi Andalan Polisi Menghalau Pengunjuk Rasa?   topspeed.com

Sesuai fungsinya, motor-motor ini biasa digunakan dalam keadaan genting karena bodinya yang berdesain ramping namun sangar, dengan kapasitas mesin yang cukup mumpuni sehingga mampu bergerak cepat dan lincah.

Tak hanya itu, motor segmen ini juga didesain dapat melibas berbagai medan, jadi semua lokasi dapat dengan mudah ditangani oleh TNI dan Polri.

Baca Juga: Kepala Suku: Kerusuhan di Manokwari Jangan Dibesar-besarkan 

Topic:

  • Dwi Agustiar

Just For You