Comscore Tracker

Mengenal Teknologi Wearpack MotoGP, Melindungi Pembalap Saat Terjatuh

Ada airbagnya juga, lho!

Jakarta, IDN Times – Kecelakaan sepertinya menjadi sesuatu yang lumrah di ajang MotoGP. Kecelakaan terakhir yang menghebohkan terjadi saat MotoGP Austria pada Minggu (16/8/2020).

Kecelaan tersebut melibatkan dua pembalap, yakni Johann Zarco dan Franco Morbidelli. Keduanya terlibat insiden yang membuatnya terjatuh. Motor keduanya hancur berantakan. Tapi Johann Zarco dan Franco Morbidelli tak mengalami cedera serius. Ajaib.

Keaiban tersebut tak lain berkat racing suit atau wearpack yang digunakan Johann Zarco dan Franco Morbidelli.

Apa sih sebenarnya kecanggihan yang dimiliki oleh wearpack MotoGP sehingga mampu melindungi pembalap?

1. Dibuat dengan bahan elastis

Mengenal Teknologi Wearpack MotoGP, Melindungi Pembalap Saat Terjatuhbikesrepublic.com

Mengutip dari halaman resmi Redbull, salah satu produsen wearpack yang biasa digunakan oleh pembalap, Alpinestars, menjelaskan bahwa baju balap dibuat dari bahan kulit yang tidak sembarangan dan harus fleksibel.

Jeremy Appleton sebagai pihak Alpinestars menjelaskan bahwa kulit kangguru dipilih karena memiliki bahan yang lebih lentur daripada kulit sapi, juga lebih ringan dan memiliki ketahanan yang lebih kuat.

“Kami memilih bahan yang terbaik. Beberapa kali kami menggunakan kulit sapi, namun kami juga menggunakan kulit kanguru. Tebalnya sendiri bisa 1,2 atau 1,4 mm,  sangat kuat, mampu menahan goresan,” jelasnya.

Baca Juga: [BREAKING] Marc Marquez Rebut Podium Pertama di Sirkuit Jerez

2. Pelindung siku, bahu, dan lutut dari bahan termoplastik yang dibuat khusus

Mengenal Teknologi Wearpack MotoGP, Melindungi Pembalap Saat Terjatuhredbull.com

Pelindung ini bisa dilepas dan pasang sesuai kebutuhan, tujuannya adalah agar dapat dengan mudah diganti dengan yang baru apabila rusak.

Bahan ini juga digunakan untuk mengurangi dampak gesekan yang terjadi pada siku dan lutut ketika pengendara sedang berbelok miring, agar manuver dapat dilakukan dengan nyaman dan halus meski kondisi tubuh sedang bergesekan dengan aspal.

3. Terdapat airbag yang melindungi tubuh

Mengenal Teknologi Wearpack MotoGP, Melindungi Pembalap Saat Terjatuhrideapart.com

Setiap racing suit atau wearpack yang digunakan oleh pembalap sudah dilengkapi oleh sensor yang dapat mengeluarkan airbag secara otomatis apabila pembalap terempas dan akan terpelanting ke aspal.

Airbag ini memiliki ketebalan 4 hingga 5cm, dan akan keluar dalam waktu 0,3 detik, dan akan melindungi keseluruhan tubuh bagian atas.

4. Terdapat punuk multifungsi

Mengenal Teknologi Wearpack MotoGP, Melindungi Pembalap Saat Terjatuhmotorcycleminds.org

Punuk di bagian belakang terbuat dari bahan yang cukup kuat, mampu melindungi helm agar tidak langsung bergesekan dengan aspal atau tanah saat pembalap terjatuh pada bagian belakang.

Selain itu punuk ini juga berfungsi sebagai tabung yang menyimpan air dengan selang yang terhubung ke mulut pembalap, sehingga pembalap dapat minum sewaktu-waktu saat balapan untuk tetap menjaga konsentrasi dan terhindar dari dehidrasi.

5. Terlihat tebal, namun sejuk dan nyaman

Mengenal Teknologi Wearpack MotoGP, Melindungi Pembalap Saat Terjatuhredbull.com

Pada wearpack, terdapat cukup banyak lubang yang terletak hampir di setiap bagian, seperti pada bagian depan dada, lengan, kaki, dan punggung dekat punuk.

Ini berfungsi untuk membuat angin dapat bersirkulasi di bagian dalam baju balap sehingga pembalap dapat tetap merasa sejuk.

Baca Juga: [BREAKING] Marc Marquez Rebut Podium Pertama di Sirkuit Jerez

Topic:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya