Comscore Tracker

5 Tanda Bisnismu Berpotensi Bagus untuk Dikembangkan, Yuk Tingkatkan!

Mulai banyak yang request nih!

Ada tiga tahapan dalam dunia bisnis, yakni tahap memulai dari nol, tahap perkembangan, dan tahap teratas yaitu di mana bisnismu sudah benar-benar maju dan sukses. Sehingga untuk bisa mencapai tahap bisnis teratas maka kamu harus melewati tahap perkembangan dulu.

Yang mana untuk bisa mengembangkan bisnis pun gak bisa sembarangan, ada tandanya apakah bisnismu punya potensial yang cukup untuk dikembangkan lebih besar. Ada beberapa hal yang mempengaruhinya, dan berikut ini adalah lima tandanya kalau bisnismu punya potensi bagus untuk dikembangankan. 

1. Keuntungan meningkat pesat

5 Tanda Bisnismu Berpotensi Bagus untuk Dikembangkan, Yuk Tingkatkan!ilustrasi hitung uang (pexels.com/Karolina Grabowska)

Tanda paling jelas bahwa bisnismu punya potensi bagus untuk dikembangkan ialah jika keuntungan yang didapat meningkat pesat. Entah itu keuntungan untuk produk barang ataupun jasa yang kamu jual.

Karena dengan keuntungan besar yang didapat itu berarti bisnis yang kamu jalankan berhasil dan diterima dengan baik. Sehingga tidak ada kekhawatiran jika mencoba mengembangkannya dengan membuka cabang atau yang lainnya. 

2. Produk sangat terkenal di kalangan target pasar

5 Tanda Bisnismu Berpotensi Bagus untuk Dikembangkan, Yuk Tingkatkan!ilustrasi belanja (pexels.com/Gustavo Fring)

Menentukan target pasar adalah kunci utama dalam bisnis, dan jika bisnismu digemari dengan target pasarmu maka itu juga pertanda kalau bisnismu berpotensi bagus untuk dikembangkan. Itu karena apa yang kamu jual tidak hanya sekedar terkenal saja tapi juga punya kualitas yang sesuai sehingga orang suka.

Yang mana hal ini adalah salah satu penentu untuk bisa memperluas jangkauan bisnis. Tidak hanya kualitas produk saja yang bagus tapi juga harus punya dukungan popularitas supaya bisa cepat balik modal. Karena kita tahu sendiri kalau mengembangkan bisnis itu menghabiskan banyak biaya. 

Baca Juga: 5 Jenis Usaha Kelompok, Wajib Tahu sebelum Memulai Bisnis!

3. Banyaknya request peningkatan dari pelanggan

5 Tanda Bisnismu Berpotensi Bagus untuk Dikembangkan, Yuk Tingkatkan!ilustrasi pelayan (pexels.com/RODNAE Productions)

Jika pelangganmu banyak yang request untuk meningkatkan berbagai hal dalam bisnismu, itu juga tanda kalau sebaiknya usahamu ditingkatkan lagi. Baik itu request untuk variasi produk agar lebih banyak, pelayanan yang ditingkatkan, hingga fasilitas yang lebih baik.

Kepuasan pelanggan harus selalu diutamakan, sehingga kamu tidak hanya menjaga pelanggan untuk setia padamu tapi juga memancing antusias pelanggan baru. Itulah kenapa memperhatikan dan peduli pada request pelanggan sangat penting untuk mengembangkan bisnis. 

4. Adanya antusias pelanggan yang besar terhadap apa yang kamu jual

5 Tanda Bisnismu Berpotensi Bagus untuk Dikembangkan, Yuk Tingkatkan!ilustrasi kerja (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Hal lainnya yang menandakan bisnismu berpotensi bagus untuk dikembangkan ialah kalau ada antusias besar terhadap apa yang kamu jual, entah itu produkmu ataupun jasa. Yang mana hal ini menunjukkan bahwa bisnismu benar-benar populer di berbagai kalangan.

Hal ini merupakan tanda positif bahwa bisnis yang kamu bangun telah dicintai banyak orang, dan akan sangat bagus jika kamu mengembangkannya menjadi lebih besar. Bukan hanya untuk meraup keuntungan lebih besar, tapi juga agar bisnismu bertahan lama dengan jangkauan pelanggan yang lebih luas. 

5. Performa bisnis stabil tanpa ada kerugian dan penurunan fatal

5 Tanda Bisnismu Berpotensi Bagus untuk Dikembangkan, Yuk Tingkatkan!ilustrasi rapat (pexels.com/Fauxels)

Ada banyak hal yang mungkin saja terjadi dalam dunia bisnis, maka dari itu bisa menjaganya tetap stabil adalah suatu pencapaian tersendiri. Dimana dalam performa bisnismu terpantau stabil dalam jangka waktu tertentu tanpa ada penurunan atau kerugian yang fatal.

Dengan kata lain hal ini menggambarkan bahwa jika kamu ingin mengembangkan bisnis mungkin bakal aman-aman saja. Karena bisnis yang kamu bangun terbukti bisa bertahan stabil dan tidak bersifat sementara dan musiman.

Itulah tadi lima tandanya kalau bisnismu punya potensi bagus untuk dikembangkan. Aman-aman saja dengan keuntungan dan performa stabil yang menandakan bisnismu telah berjalan baik. 

Baca Juga: 5 Tanda Kamu Belum Siap Membangun Bisnis, Evaluasi Lagi, yuk!

afifah hanim Photo Verified Writer afifah hanim

Follow me on instagram: @afifahhanim_lm

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya