Comscore Tracker

7 Peluang Usaha yang Bisa Dicoba di 2022, Tahun Macan Air!

Banyak dari peluang ini adalah bisnis digital

Jakarta, IDN Times - Dari tahun ke tahun beberapa peluang bisnis terus bergantian trennya seiring dengan perkembangan zaman. Di tahun ini, beberapa bisnis digital menunjukan kiprah yang cukup baik. 

Tahun 2022 menurut astrologi China merupakan tahun Macan Air. Di tahun ini, ada sejumlah jenis usaha atau bisnis diprediksi lebih cerah dari yang lain. Bisnis digital masih menjadi pemain utama.

Dari sekian banyaknya jenis bisnis atau usaha, peluang berikut, baik produk maupun jasa, bisa menjadi pilihan yang bisa kamu coba di tahun 2022. 

Baca Juga: Intip Peluang Investasi 2022, yuk Cuan di Tahun Baru!

1. Menjual stok foto di situs media gambar

7 Peluang Usaha yang Bisa Dicoba di 2022, Tahun Macan Air!Mengasah kemampuan fotografi. (Pexels.com/Sam Lion)

Jika kamu memiliki hobi di bidang fotografi, kamu bisa menjual beberapa hasil jepretanmu di situs-situs seperti Shutterstock, Flickr, Unsplash, dan masih banyak lagi. 

Kamu bisa menyortir beberapa hasil fotomu yang menurutmu layak untuk dijual. Selain menghasilkan uang, hal ini juga bisa menjadi lampiran di portofolio pekerjaan.

Baca Juga: 6 Tips Memulai Bisnis Rental Mobil, Menguntungkan!

2. Menjual barang atau baju bekas online

7 Peluang Usaha yang Bisa Dicoba di 2022, Tahun Macan Air!Unsplash.com/@sweetpagesco-Sarah Brown

Menjual barang atau baju bekas masih layak pakai juga bisa menjadi peluang usaha 2022. Kamu bisa mulai menjualnya di sosial media atau marketplace.

Pelajar atau mahasiswa biasanya tertarik dengan barang-barang preloved atau baju thrift yang menawarkan brand tertentu dengan harga miring.

3. Hampers kue kering

7 Peluang Usaha yang Bisa Dicoba di 2022, Tahun Macan Air!casaindonesia.com

Menjual hampers kue kering juga masih menjadi peluang usaha yang menarik di tahun 2022. Usaha ini masuk ke dalam kategori bisnis musiman, yang mana umumnya memang laku keras menjelang hari-hari besar seperti Lebaran atau Natal. 

Walaupun begitu, hampers cantik kue kering tetap menjanjikan sebagai peluang bisnis 2022. Di luar momen spesial seperti Lebaran atau Natal, masih banyak yang mencari hampers cantik kue kering untuk diberikan kepada klien, teman, atau keluarga. Jadi, jangan ragu untuk menjualnya pada 2022 nanti!

Baca Juga: 5 Ide Resolusi Tahun Baru untuk Bisnis Kecil, Biar Berkembang!

4. Frozen food

7 Peluang Usaha yang Bisa Dicoba di 2022, Tahun Macan Air!pinterest.com/packageinspiration

Makanan dalam bentuk beku alias frozen food juga masih menjadi peluang usaha di 2022. Hal ini karena frozen food sangat praktis untuk siap disantap di rumah. Contohnya seperti bakso, pempek, dan sebagainya. Bisnis ini terus mengalami peningkatan di setiap tahunnya. 

5. Makanan plant-based

7 Peluang Usaha yang Bisa Dicoba di 2022, Tahun Macan Air!myfitnesspal.com

Menu makanan plant-based juga akan menjadi peluang bisnis 2022 yang layak dipertimbangkan, apalagi kini harga protein hewani kerap naik-turun, belum lagi persediaan ayam asli yang dilaporkan berkurang jumlahnya.

Salah satu contoh menu plant-based yang bisa kamu jual pada 2022 nanti adalah nugget tanpa daging. Sejauh ini, aneka menu plant-based mendapat sambutan hangat dari konsumen. 

6. Jasa internet marketing

7 Peluang Usaha yang Bisa Dicoba di 2022, Tahun Macan Air!Jasa Digital Marketing Indonesia

Jika kamu memiliki kemampuan bidang marketing dan pemasaran secara digital, kamu bisa membuka peluang bisnis paling menguntungkan ini dengan membuka jasa internet marketing.

Banyak hal yang bisa kamu lakukan, seperti desain grafis untuk desain media sosial, copywriting, content creator atau pemasaran digital yang lain.

7. Bimbingan belajar online

7 Peluang Usaha yang Bisa Dicoba di 2022, Tahun Macan Air!Dok. SLB Sunan Muria Kudus

Jika kamu memiliki penguasaan yang lebih di mata pelajaran tertentu dan kemampuan untuk mengajarkannya kepada anak-anak, itu bisa menjadi peluang untuk menambah penghasilan.

Kamu bisa membuka jasa bimbingan belajar secara online kepada beberapa anak-anak yang kini libur sekolah. 

Topic:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya