Comscore Tracker

Pedagang Pasar Kasin Kota Malang Keluhkan Sepi Pembeli

Lebih sepi setelah direnovasi  

Malang, IDN Times - Pedagang di Pasar Kasin mengeluhkan sepinya pengunjung yang membeli dagangan mereka. Kondisi tersebut mulai dirasakan pedagang setelah pasar selesai direnovasi. Kemudian ditambah berlakunya PPKM di Kota Malang yang membuat kunjungan semakin sepi. Meski kini sudah ada pelonggaran, tetapi kunjungan masyarakat belum sepenuhnya normal. Hal itu tentu juga mempengaruhi pendapatan dari pedagang. 

1. Pedagang pilih bertahan

Pedagang Pasar Kasin Kota Malang Keluhkan Sepi PembeliSejumlah los di Pasar Kasin tampak tak terlalu banyak pembeli. IDN Times/Alfi Ramadana

Koordinator Pedagang Pasar Kasin, Imam Samsuri mmengaku bahwa pedagang saat ini dalam situasi sulit. Penghasilan yang didapatkan juga jauh menurun. Menurutnyam sebelum renovasi dan PPKM, pendapatan harian pedagang ada yang sampai menyentuh angka Rp5 juta sehari. Tetapi saat ini untuk mendapatkan Rp1 juta saja menurut Imam sudah hal yang sulit. Namun demikian, pedagang tetap memilih untuk bertahan.

"Karena memang tidak ada pilihan lain. Jadi mau tidak mau pedagang juga tetap bertahan. Kalau ada kerjaan lain mungkin milih yang lain," kata Imam, Jumat (8/10/2021). 

Baca Juga: Menengok Resto Berkonsep Serba Dinosaurus di Kota Malang  

2. Ada juga yang pilih tutup

Pedagang Pasar Kasin Kota Malang Keluhkan Sepi PembeliBeberapa los Pasar Kasin yang kosong karena pemilik tidak berjualan. IDN Times/Alfi Ramadana

Meski masih banyak yang bertahan, tetapi tak sedikit juga pedagang yang memilih untuk tutup dan tidak berjualan sementara waktu. Hal itu menurut Imam lantaran biaya operasional yang dikeluarkan tidak sesuai dengan penghasilan yang didapatkan. Memang untuk bisa berjualan, pedagang dikenakan beberap tarif retribusi untuk keamanan, kebersihan dan sewa tempat. "Sebagian memang tutup karena mungkin biaya operasional sama hasilnya tidak sesuai," tambahnya. 

3. Sudah berupaya ajukan keringanan

Pedagang Pasar Kasin Kota Malang Keluhkan Sepi PembeliKondisi Pasar Kasin terlihat lengang. IDN Times/Alfi Ramadana

Sejauh ini pedagang juga sudah berupaya mengajukan keringanan retribusi. Terlebih selama masa PPKM, memang masyarakat cederung lebih jarang datang ke pasar. Tetapi upaya pengajuan tersebut masih belum terealisasi. Imbasnya pedagang masih tetap membayar retribusi sesuai yang diwajibkan. "Sekarang kami masih membayar penuh untuk retribusinya," sambungnya. 

4. Upayakan lakukan berbagai inovasi

Pedagang Pasar Kasin Kota Malang Keluhkan Sepi PembeliSituasi Pasar Kasin Kota Malang yang terlihat lengang. IDN Times/Alfi Ramadana

Imam mengakui bahwa sebenarnya sudah ada beberapa inovasi yang dilakukan paguyuban pedagang Pasar Kasin bersama Persatuan Pedagang Pasar Kota Malang (P3KM). Salah satunya adalah dengan meluncurkan program pasar berkah dan pasar sehat. Tetapi sejauh ini memang masih belum terlalu berefek pada peningkatan kunjungan. "Tentu kalau kami dari pedagang berharapnya kunjungan bisa meningkat lagi. Semoga saja inovasi yang sudah dibuat itu bisa mendongkrak kunjungan," tambahnya. 

Baca Juga: Perkara Gowes, Wali Kota Malang Diperiksa 5 Jam di Polda Jatim

Alfi Ramadana Photo Verified Writer Alfi Ramadana

Menulis adalah cara untuk mengekspresikan pemikiran

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Zumrotul Abidin

Berita Terkini Lainnya