TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Mengenang 5 Hal Manis dari Qlapa, Startup yang 'Menyerah' Tahun Ini

Startup yang berjasa bagi UKM

Instagram.com/qlapa

Salah satu startup Indonesia harus memberikan kabar kurang baik di awal Maret ini. Qlapa, startup yang fokus memasarkan produk kerajinan tangan lokal ini harus menutup operasionalnya dikarenakan bisnisnya yang tak berjalan sesuai ekspektasi. Berdiri sejak tahun 2015, Qlapa didirikan oleh Benny Fajarai dan Fransiscus Xaverius. 

Selama beroperasi hampir empat tahun, Qlapa sudah benyak memberikan prestasi dan Yuk kita flashback perjalanan Qlapa yang tergolong marketplace unik dan berbeda dari yang lainnya!

1. Berjual produk UKM yang unik

Instagram.com/qlapa

Qlapa menyasar pangsa pasar kearifan lokal. Barang-barang yang dijual merupakan buatan tangan. Mulai dari pakaian, tas, dompet, dekorasi rumah hingga aksesoris. Semua produknya masih dibuat secara manual, kecuali barang-barang tertentu yang membutuhkan mesin seperti perabotan rumah. Sehingga harganya pun tergolong terjangkau dan berkualitas tinggi.

2. Meraih pendanaan dari investor

Instagram.com/qlapa

Selama dua tahun beroperasional, pada Maret 2017 Qlapa sempat mengumumkan  perolehan pendanaan Seri A dari Aavishkaar, perusahaan investasi asal India. Pendanaan ini tentu menjadi kabar baik jika Qlapa akan meningkatkan kualitasnya dan terus memasarkan produk lokal tak hanya di Indonesia bahkan bisa ke luar negeri. 

Baca Juga: Resmi Tutup, Bagaimana Perjalanan Bisnis Startup Unik Terbaik Qlapa

3. Sempat meraih penghargaan bergengsi

Instagram.com/qlapa

Qlapa juga memiliki aplikasi layaknya marketplace lainnya. Meski tak mudah untuk bersaing dengan startup yang sudah dikenal masyarakat luas, aplikasi buatan Qlapa patut diapresiasi karena meriah penghargaan sebagai Aplikasi Unik Terbaik dari Google Play Awards dan startup dengan pertumbuhan paling menjanjikan oleh majalah Forbes Asia di tahun 2018. 

4. Berjasa bagi pengusaha lokal

Instagram.com/qlapa

Karena dipasarkan langsung, para pengrajin UKM merasa sangat terbantu usahanya agar lebih dikenal hingga ke pelosok Indonesia. Kehadiran Qlapa semakin memotivasi pengusaha di bidang produk lokal untuk tak menyerah dan optimis jika produk mereka tak kalah bersaing dengan produk luar. 

Baca Juga: Jangan Takut Bangkrut, Ini Tips Memulai Bisnis Startup

Verified Writer

AKbar

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya