TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Seedbacklink Siap Bantu 65,4 Juta UMKM Go Digital! 

Mempermudah UMKM menjamah dunia digital

Ilustrasi seedbacklink (Dok. IDN Times/Istimewa)

Jakarta, IDN Times – Digitalisasi sudah merambah ke hampir semua bidang, mulai dari ekonomi, sosial-politik, dan banyak lainnya. Oleh karena itu, kehadiran platform digital di tengah-tengah masyarakat sudah bukan lagi hal yang baru. Bahkan, para pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) saat ini banyak yang menggunakan platform digital untuk mengembangkan bisnisnya.

Akan tetapi, tidak semua pelaku UMKM mampu memanfaatkan platform digital untuk mengembangkan usaha mereka. Pernyataan itu selaras dengan ungkapan Presiden Joko “Jokowi” Widodo di acara BUMN Startup Day, yang mengatakan bahwa baru 19 juta UMKM yang masuk ke platform digital. Padahal, secara total UMKM yang ada di Indonesia mencapai 65,4 juta unit.

Baca Juga: Gojek: UMKM Lokal Meningkat Berkat Pandemik COVID-19

1. Mempermudah pelaku UMKM menjamah dunia digital 

Pelaku UMKM memamerkan produknya di pameran UMKM Gayeng 2022 di Mal Paragon Semarang, 19--24 April 2022. (IDN Times/Anggun Puspitoningrum)

Fakta itulah yang mendasari berdirinya seedbacklink, sebagai platform yang membantu para pelaku UMKM untuk mulai memasuki dunia digital.

“Peluang UMKM masuk ke platform digital yang masih sangat terbuka. Seedbacklink sebagai platform dapat membantu UMKM untuk mendapatkan cakupan yang lebih luas di internet, melalui review atau ulasan dari media atau blogger,” kata VP Marketing seedbacklink, A. Desrayen.

Sampai saat ini, seedbacklink sudah merangkul lebih dari 3.500 media dan blogger dan sudah melayani lebih dari 300 klien. Secara total, sudah lebih dari seribu backlink yang terpublikasikan.

2. Diharapkan bisa memperluas pasar UMKM

Ilustrasi UMKM Jawa Tengah. (IDN Times/Anggun Puspitoningrum)

Melalui seedbacklink, nantinya usaha dari para pelaku UMKM akan terbantu dari sisi awarness atau menjadi lebih dikenal oleh masyarakat luas. Hal itu bisa terjadi karena usaha tersebut nantinya bisa ditemukan di mesin pencarian.

“Seedbacklink merupakan perusahaan teknologi, di mana para pemilik website atau blogger berkumpul untuk membantu para UMKM tampil di mesin pencarian. Tujuannya, agar usaha para pelaku UMKM ini bisa dikenal secara masif, khususnya di Indonesia,” sambung Desrayen.

Hadirnya seedbacklink di tengah-tengah masyarakat tentunya diharap bisa mempermudah para pelaku UMKM untuk masuk ke platform digital. Mulai dari semakin mudah dicari dan dikenal, bukan tidak mungkin mengembangkan usahanya hingga semakin besar, bahkan bisa merambah pasar internasional.

Baca Juga: Akhir Tahun 2022 Jadi Tahunnya Para Pelaku UMKM, Ini 5 Buktinya

Verified Writer

Andi IR

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya