TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Ada 2,1 Juta Honorer Pemerintah Bakal Terima BLT Gaji Rp600 Ribu

Kami termasuk gak?

Ilustrasi Uang (IDN Times/Arief Rahmat)

Jakarta, IDN Times - Direktur Utama BP Jamsostek Agus Susanto mengatakan sebanyak 2,1 juta pekerja non-Aparatur Sipil Negara (non-ASN) atau pekerja honorer di lembaga pemerintahan berhak mendapatkan bantuan langsung tunai (BLT) senilai Rp2,4 juta.

Ini adalah BLT terbaru dari pemerintah untuk pekerja dengan gaji di bawah Rp5 juta yang terdaftar sebagai peserta BP Jamsostek hingga Juni 2020. Sejatinya bantuan ini merupakan pengembangan dari program sebelumnya yang hanya terbatas pada pekerja swasta.

"Total pekerja non ASN yang terdaftar di BP Jamsostek sebanyak 2,1 juta. Ini baru sebagian saja non ASN yang terdaftar, masih banyak yang belum terdaftar," katanya di Komisi XI DPR secara virtual, Rabu (26/8/2020).

Baca Juga: Yes! Besok Peluncuran BLT Rp600 Ribu Pekerja Bergaji di Bawah Rp5 Juta

1. Berikut pekerja honorer yang bakal mendapat subsidi Rp600 ribu

Ilustrasi (IDN Times/Ita Malau)

Adapun pekerja honorer itu termasuk
guru honorer, penjaga keamanan, hingga pengemudi di lingkungan kementerian dan lembaga hingga pemerintah daerah.

"Yang belum (terdaftar BP Jamsostek) tentu tidak termasuk, tapi yang perlu kita pahami bahwa menjadi peserta BP Jamsostek ini keharusan bagi pekerja penerima upah," ujarnya.

2. Diberikan kepada honorer yang tidak menerima gaji ke-13

Ilustrasi rupiah (IDN Times/Hana Adi Perdana)

Sementara itu, Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziah menuturkan telah berkoordinasi dengan kementerian dan lembaga lainnya terkait pemberian bantuan kepada tenaga honorer.

"Kami mengakomodasi pegawai pemerintah non PNS yang mereka itu upahnya rata-rata di bawah Rp5 juta, mereka tidak menerima gaji ke-13," ujarnya.

Baca Juga: Hore! Menaker Ida Fauziyah Pastikan BLT Rp600 Ribu Cair Akhir Agustus

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya