TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Deretan Profil Singkat Para Kandidat Petinggi PLN 

Kira-kira siapa ya yang bakal menjadi direktur utama?

IDN Times / Auriga Agustina

Jakarta, IDN Times - PT Perusahaan Listrik Negara akan melakukan Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa untuk mengangkat direktur utama, wakil direktur keuangan, dan komisaris utama perseroan. Ada sejumlah nama yang di gadang-gadang akan mengisi posisi tersebut.

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir sempat mengatakan bahwa Rudiantara menjadi salah satu kandidat direktur utama. Namun, ia belum mengamini bahwa Rudiantara yang bakal menjadi direktur utama perseroan.

Ada sejumlah nama lain yang beredar sebagai direktur utama bursa PLN yakni Zulkifli Zaini, sementara komisaris utama dikabarkan akan diisi oleh Amien Sunaryadi, Wakil Direktur Utama akan diisi oleh Darmawan Prasodjo.

Lalu seperti apa profil singkat calon kandidat direktur utama hingga komisaris utama PLN tersebut ?

Baca Juga: Segera RUPSLB, PLN Tak Hanya Bongkar Direksi

1. Zulkifli Zaini, calon direktur utama

Antara

Nama Zulkifli Zaini tidak asing di dalam dalam dunia perbankan Indonesia, ia merupakan seorang profesional Indonesia yang pernah menjabat sebagai Komisaris Independen Bank Negara Indonesia (BNI) sejak 17 Maret 2015.

Zulkifli mengawali kariernya di sektor perbankan pada tahun 1988, kala itu ia menjadi staf account officer di Bank Pembangunan Indonesia (Bapindo).

Pria kelahiran Bukittinggi, Sumatra Barat 13 Januari 1956 ini pernah menjabat sebagai Direktur Utama Bank Mandiri dari tahun 2010 hingga 2013, menggantikan Agus Martowardojo yang diangkat menjadi Menteri Keuangan saat itu.

2. Rudiantara, calon direktur utama

ANTARA FOTO/Wahyu Putro A

Pria lulusan Universitas Padjajaran tersebut memulai kariernya di bidang telekomunikasi sejak 1986. Ketika itu, ia menempati posisi sebagai General Manager Marketing Indosat.

Pada 1996, Rudiantara menduduki jabatan sebagai Chief Operating Officer (COO) di PT Telekomindo Primabhakti. Sebelas tahun setelahnya ia habiskan di berbagai jabatan eksekutif di Indosat maupun Telkomsel.

Pada, mantan menteri komunikasi dan informatika di era Jokowi dan Jusuf Kalla itu mencicipi karier di perusahaan BUMN yakni PLN sebagai Wakil Direktur Utama. Ia juga menorehkan prestasi dengan turut andil dalam pengumpulan dana untuk pembangunan pembangkit listrik 10 ribu megawatt.

3. Darmawan Prasodjo, calon wakil direktur utama

Darmawanprasodjo.com

Darmawan merupakan komisaris PLN. Ia diangkat menjadi Komisaris pada Agustus 2018 lalu.

Darmawan Prasodjo juga pernah menjadi seorang politikus anggota Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP). Ia juga pernah bekerja di Gedung Putih Amerika Serikat.
Ia merupakan lulusan dari Duke University, Amerika Serikat.

Baca Juga: Erick Thohir Umumkan Bos Anyar PLN Senin Ini

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya