TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Jadi Holding BUMN Asuransi, Aset IFG Tembus Rp72,5 Triliun

Sebelumnya aset hanya mencapai Rp4,7 triliun

Logo holding Asuransi BUMN, Indonesia Financial Group (Tangkap Layar IDN Times/Auriga Agustina)

Jakarta, IDN Times - PT Bahana Pembinaan Usaha Indonesia sebagai induk holding BUMN asuransi yang kini berganti brand menjadi Indonesia Financial Group (IFG), telah resmi menjadi pengelola dan penjamin aset perusahaaan asuransi pelat merah.

Direktur Keuangan dan Umum IFG, Rizal Ariansyah, mengatakan dengan adanya penggabungan tersebut, IFG mencatatkan total aset Rp72,5 triliun per Maret lalu. Sebelumnya total aset Bahana hanya Rp 4,7 triliun. 

"Pascakonsolidasi IFG menjadi holding, total aset Rp72,5 triliun. Tambahan aset saham pemerintah dari Jasa Raharja, Jamkrindo, Askrindo dan Jasindo," kata dia dalam konferensi pers Perubahan Brand dan Logo BPUI menjadi IFG, Selasa (20/10/2020). 

Baca Juga: IFG Life, Perusahaan Asuransi Penyelamat Jiwasraya Beroperasi Desember

1. Neraca keuangan lainnya juga meningkat

Ilustrasi Uang (IDN Times/Arief Rahmat)

Berdasarkan data yang dia paparkan, peningkatan nilai aset sejalan dengan meningkatnya ekuitas yang mencapai Rp36,7 triliun, pendapatan Rp4,2 triliun, dan laba bersih Rp536 miliar. 

Rizal mengatakan peningkatan nilai itu menjadi lompatan besar bagi perusahaan agar bisa berkontribusi lebih terhadap negara dan industri asuransi.

"Ke depan, IFG juga akan melakukan leverage dalam penjualan produk atau layanan (cross selling) antargrup dan sinergi dengan BUMN. Ini menjadi tantangan IFG untuk mewudjukan target dari pemerintah," ungkapnya. 

2. IFG Group mempunyai tiga klaster utama

ilustrasi. IDN Times/Ita Malau

Secara rinci, dia menjelaskan IFG akan mempunyai tiga klaster utama yakni capital market, asuransi umum, dan penjaminan asuransi jiwa dan kesehatan. Klaster capital market menyediakan produk keuangan dan pasar modal, seperti manajemen aset, sekuritas dan investasi. 

"Kami sudah melakukan refocussing dimasing-masing produl anal perusahaan," tuturnya.

Baca Juga: Holding BUMN Asuransi Resmi Terbentuk, Bahana Jadi Nakhoda 

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya