TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Pertamina Pastikan Pasokan Elpiji 3 Kg Aman hingga Lebaran

Pertamina menambah 15 persen gas LPG 3 kg dari hari biasa

IDN Times/ Istimewa

Jakarta, IDN Times - Selama satu minggu pertama Ramadan, konsumsi liquefied petroleum gas (LPG) alias elpiji 3 kilogram (kg) di seluruh wilayah Indonesia tercatat mengalami kenaikan hingga 10 persen dibandingkan hari biasanya. Namun, PT Pertamina (Persero) memastikan pasokan LPG 3 Kg selama Ramadan aman.

1. Pertamina menyiapkan tambahan pasokan 15 persen dari hari biasa

Doc.IDN Times

Berdasarkan, keterangan resmi yang diterima oleh IDN Times, Rabu (15/5), Direktur Pemasaran Ritel Pertamina Mas'ud Khamid menjelaskan, konsumsi rata-rata harian LPG 3 Kg secara nasional adalah sekitar 21.269 MT per hari dan selama 6-13 Mei 2019 konsumsi tersebut naik menjadi 23.338 MT per hari.

"Kenaikan konsumsi ini terlihat seiring dengan meningkatnya aktivitas memasak masyarakat. Kami pastikan LPG 3 Kg tersedia dengan cukup sesuai dengan kebutuhan masyarakat, karena selama Ramadan dan Idulfitri ini kami menyiapkan tambahan pasokan hingga rata-rata 15 persen dari kondisi normal. Jadi stok di masyarakat sangat cukup sekali," jelasnya.

2. Pertamina menyediakan pangkalan siaga

Doc.IDN Times

Selanjutnya, untuk menjamin ketersediaan LPG 3 Kg di masyarakat, Pertamina telah menyiagakan 33.000 pangkalan di seluruh Indonesia. Hal ini dilakukan, agar masyarakat tetap bisa mendapatkan LPG 3 kg dengan mudah di wilayah sekitar.

Selain itu, di bulan Ramadhan ini Pertamina juga menyiagakan 539 Stasiun Pengisian dan Pengangkutan Bulk Elpiji (SPPBE) .

3. Penyaluran LPG 3 Kg diupayakan dengan cermat

IDN Times/ Istimewa

Mas'ud mengklaim, jumlah agen dan pangkalan yang ditunjuk Pertamina untuk menjual LPG 3 kg sudah disesuaikan dengan peta kebutuhan di satu lokasi masyarakat. Hal ini karena status LPG 3 kg merupakan produk subsidi dari pemerintah, sehingga penyalurannya pun harus dilakukan dengan cermat.

Baca Juga: Ini yang Dilakukan Pertamina untuk Menjaga Pasokan LPG 3 Kg

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya