TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Watchlist: Pengertian, Fungsi, dan Tips Membuatnya

Akan membantu dalam berinvestasi

ilustrasi laki-laki sedang investasi saham (pexels.com/MayoFi)

Istilah watchlist mungkin sudah sering kamu dengar jika sudah berkutat dengan dunia pasar modal. Untuk kamu yang baru akan terjun ke dunia pasar modal, penting sekali untuk mengetahui berbagai istilah penting, lho. 

Salah satunya adalah istilah watchlist ini. Nah, yuk, simak penjelasan mengenai pengertian watchlist, fungsi, hingga tips membuatnya di sini!

Baca Juga: IHSG Mulai Perkasa, 8 Saham Ini Bisa Jadi Watchlist Investor

1. Pengertian watchlist

ilustrasi saham (unsplash.com/Stephen D)

Watchlist merupakan daftar efek yang sedang dipantau untuk melihat peluang perdagangan maupun mencari efek yang memiliki potensi investasi yang baik. 

Biasanya, watchlist berisi puluhan hingga ratusan instrumen perdagangan. Tujuannya adalah agar keputusan investasi yang dibuat menjadi lebih tepat. 

2. Fungsi dari watchlist

ilustrasi pergerakan saham (ANTARA FOTO/Puspa Perwitasari)

Tentunya pembuatan watchlist ini ada fungsinya. Berikut beberapa fungsi dari watchlist:

  • Mengawasi pergerakan harga saham 

Seperti yang kamu tahu, harga saham akan berubah-ubah setiap harinya. Harga tersebut bisa naik maupun turun sewaktu-waktu.

Dengan membuat watchlist, kamu bisa memantau pergerakan harga saham-saham yang sedang kamu incar hanya dalam 1 layar saja. Sehingga, memudahkan kamu dalam melakukan transaksi jual beli saham pada waktu dan harga yang tepat. 

  • Membuat rencana trading maupun investasi

Selain membantu kamu dalam bertransaksi saham, pembuatan watchlist juga bisa dilakukan untuk menampung rencana saat akan melakukan trading maupun investasi. 

Sebelum kamu memutuskan untuk berinvestasi, kamu tentunya memiliki perencanaan terlebih dahulu. Mulai dari saham apa yang akan kamu beli, bagaimana pergerakan sahamnya dalam jangka waktu tertentu, dan masih banyak lagi. Semua itu bisa kamu rangkum di dalam watchlist

Baca Juga: 11 Istilah tentang Saham yang Perlu Diketahui Investor Pemula

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya