TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Indonesia Akan Kembali Menjadi Macan Asia, Ini Syaratnya!

Millennial salah satu pelopor gerakan ekonomi di Indonesia

Antara/Nyoman Budhiana

Jakarta, IDN Times - Indonesia menjadi "Macan Asia", mungkin slogan tersebut terdengar mencengangkan dan fantastis. Tetapi boleh jadi itu akan segera menjadi kenyataan. Pasalnya, Indonesia diprediksi masuk dalam “Top 5 Gross Domestic Product” pada 2030.

Kebangkitan ekonomi Indonesia di 2030 semakin ramai diperbincangkan. Prediksi tersebut bukannya tanpa alasan, tetapi didasarkan pada riset Price Waterhouse Coopers (PWC) yang menyatakan bahwa Indonesia di tahun 2030 akan menduduki peringkat 5 berdasarkan nilai GDP dengan estimasi US$3 triliun.

Baca Juga: Perekonomian Indonesia Melambat, Mengapa?

1. IMF prediksi ekonomi Indonesia akan terus berkembang

IMF

Analisis tersebut juga dikuatkan oleh rilis IMF. Posisi perekonomian Indonesia tahun 2019 berada di peringkat 16 dengan total GDP sebesar US$1 triliun.

Para ahli ekonomi memperkirakan, nilai itu akan beranjak baik terus hingga puncaknya pada 2030 yang diperkirakan menyentuh angka US$5.424 miliar.

2. Kekuatan millennial akan mampu membawa ekonomi Indonesia jauh lebih baik ke depan

Istimewa

Pakar koperasi millennial Frans Meroga mengaku percaya dengan “booster” dari generasi millennial dan memanfaatkan platform digital dalam kemasan startup. Dengan itu, menurutnya pertumbuhan ekonomi Indonesia yang saat ini berkisar 5 hingga 6 persen, akan naik hingga kisaran 10 hingga 12 persen per tahun dalam 10 tahun mendatang.

Hal tersebut akan diperkuat dengan berbasis koperasi millennial yang memastikan kedaulatan kepemilikan dari perintis bisnis startup. Sebab, koperasi menganut prinsip one man one vote dan bukan one share one vote seperti korporasi.

“Tapi untuk menjadikan perekonomian Indonesia sebagai 5 Besar dunia sekaligus menjadi ‘New Tiger Economy’ diperlukan situasi politik yang tanpa kegaduhan, regulasi yang mendukung, keamanan yang terjamin, kepastian hukum yang jelas. Iklim investasi yang sejuk akan tercipta karena investor mau menanamkan modalnya di berbagai sektor,” kata Frans saat menghadiri Launching buku “The Ma’ruf Amin Way” di Jakarta, Minggu (6/10).

3. Ma’ruf Amin luncurkan buku tentang situasi ekonomi Indonesia

Istimewa

Frans yang juga merupakan tim riset dari buku tersebut mengatakan bahwa buku “The Ma’ruf Amin Way” adalah sebuah buku yang ditulis dengan analisis obyektif, relevan dengan situasi ekonomi Indonesia terkini, dan memiliki keistimewaan tersendiri karena hasil dari kristalisasi pengalaman dan pemikiran Ma’ruf Amin, yang adalah salah seorang pakar ekonomi syariah terbaik di dunia.

“Buku ini merupakan buah karya anak bangsa yang terinsiprasi pemikiran-pemikiran Bapak Ma’ruf Amin selaku tokoh ulama yang sarat pengalaman dalam berbagai bidang kehidupan baik sebagai pengajar atau dosen, politikus, maupun pengalaman matang beliau di bidang keuangan syariah,” ujarnya.

Baca Juga: Kejar Pertumbuhan Ekonomi 7 persen, Jateng Kembangkan Sekolah Vokasi

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya