TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Menuju Akhir Tahun, Penyaluran Pembiayaan PNM Capai Rp160 Triliun

PNM sinergi dengan UMKM dorong pemulihan ekonomi masyarakat

Pelaku UMKM sedang mempelajari pembayaran secara digitalisasi di pameran UMKM Gayeng 2022 di Mal Paragon Semarang. (IDN Times/Anggun Puspitoningrum)

Jakarta, IDN Times - Grup BUMN pembiayaan ultra mikro, PT Permodalan Nasional Madani (PNM) telah menyalurkan pembiayaan sebesar Rp160,6 triliun kepada nasabah PNM Mekaar yang berjumlah 13,3 juta nasabah per 29 November 2022.

Angka ini naik dibanding penyaluran pembiayaan pada 31 Oktober 2022 lalu sebesar Rp156,7 triliun.

Baca Juga: Jokowi Sebut 2 Sektor Pemulihan Ekonomi Global, Apa Saja?

Baca Juga: Jokowi Minta 3 Hal Ini Dijaga untuk Waspadai Perekonomian 2023

1. Target nasabah PNM hampir tercapai

PNM melakukan pendampingan berupa perkenalan produk dan penjualan produk usaha nasabah PNM ULaMM dan Mekaar melalui event Mandalika Experience EXPO 2022. (Dok. PNM)

Sebelumnya, Direktur Utama PT Permodalan Nasional Madani (PNM) Arief Mulyadi menargetkan sebanyak 13,5 juta nasabah aktif pada akhir 2022. Target tersebut seiring dengan optimalisasi pemberdayaan usaha mikro dan ultra mikro.

"Target nasabah hingga akhir 2022 itu minimal 13,5 juta nasabah aktif," kata Arief.

Hingga saat ini, jumlah nasabah PNM telah mencapai 13,3 juta. Dengan tersisa 1 bulan menuju akhir 2022, target tersebut sangat mungkin tercapai atau terlampaui.

2. PNM sinergi dengan UMKM pulihkan ekonomi masyarakat

Ilustrasi belanja (IDN Times/Sunariyah)

Pemerintah Kabupaten Sleman menggelar Jambore Kewirausahaan Sosial yang dilaksanakan pada 24-26 November 2022 di Lapangan Denggung, Sleman, Kamis (24/11/2022) lalu.

Wakil Bupati Sleman, Danang Maharsa menyampaikan acara ini bertujuan untuk memajukan usaha mikro dan usaha kecil sehingga sangat penting diikuti para pelaku UMKM.

“Acara itu menyediakan peluang yang sangat bagus bagi para pelaku usaha mikro untuk memasarkan, mengembangkan pasar dan mengembangkan jejaring,” ucap Danang.

Baca Juga: Jokowi Bilang Rakyat Maluku Utara Paling Bahagia, Ini Alasannya

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya