TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Ada Larangan Mudik, Ekonomi Jabodetabek Diyakini Bakal Bergairah

Bakal ada perputaran uang Rp1,25 triliun saat Idul Fitri

ilustrasi kenaikan pendapatan (IDN Times/Arief Rahmat)

Jakarta, IDN Times - Ketua Umum DPD HIPPI DKI Jakarta, Sarman Simanjorang menilai pengetatan larangan mudik tahun ini berpotensi menggairahkan perekenomian di DKI Jakarta dan sekitarnya. Hal ini disebabkan oleh membaiknya perekonomian Indonesia di kuartal I-2021.

"Walaupun masih terkontraksi minus 0,74 persen, namun sudah mengalami peningkatan dibanding dengan kuartal IV-2020 sebesar minus 2,19 persen," kata Sarman melalui keterangan tertulisnya, Jumat (7/5/2021).

Baca Juga: [BREAKING] Pertumbuhan Ekonomi Indonesia Terkontraksi, Indonesia Masih Resesi!

Baca Juga: Posko THR Kemnaker Terima 776 Laporan terkait THR 2021

1. Banyak perusahaan yang sudah sanggup bayar THR pekerja

IDN Times/Ita Malau

Faktor kedua, lanjut Sarman adalah peningkatan jumlah perusahaan yang memiliki kemampuan untuk membayar tunjangan hari raya (THR) telah meningkat. Ditambah lagi, THR untuk ASN, TNI, Polri dan pensiunan juga telah cair.

"Biasanya uang ini akan mengalir ke daerah tujuan mudik, namun karena larangan mudik yang sangat ketat maka uang tersebut berpotensi akan beredar di Jakarta dan sekitarnya," ujar Sarman.

2. Wisata di Jakarta diprediksi ramai pengunjung

Pengunjung mencoba wahana permainan saat berwisata di Dufan, Ancol, Jakarta, Sabtu (20/6/2020) (ANTARA FOTO/Nova Wahyudi)

Wakil Ketua Dewan Pertimbangan Kadin DKI Jakarta ini juga memprediksi warga Jakarta yang tidak pulang kampung akan ramai mengunjungi mal, hotel, restoran, kafe, pusat hiburan atau wisata seperti Ancol, TMII, Kebun Binatang Ragunan, Monas, Kota Tua, Kepulauan Seribu dan lainnya di kawasan Bodetabek.

"Di sana akan terjadi transaksi ekonomi yang signifikan yang akan mengairahkan perekonomian Jakarta dan sekitarnya," katanya.

Baca Juga: Airlangga Pede Pertumbuhan Ekonomi Kuartal II 2021 Bisa 7 Persenan

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya