TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Ekonomi Membaik, IHSG Mentereng di Penutupan Akhir Pekan

IHSG menguat 44,5 poin atau 0,73 persen menjadi 6.151,7

Ilustrasi Penurunan Harga Saham (IDN Times/Arief Rahmat)

Jakarta, IDN Times - Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) ditutup menguat 44,5 poin atau 0,73 persen menjadi 6.151,7 pada penutupan perdagangan Jumat (5/2/2021). Menterengnya IHSG pada penutupan perdagangan pekan ini tidak terlepas dari sejumlah data perekonomian Indonesia yang makin membaik.

"Market mengapresiasi peran pemerintah dalam rangka menjaga stabilitas fundamental makroekonomi domestik yang inklusif dan berkesinambungan," kata Analis Binaartha Sekuritas Muhammad Nafan Aji Gusta kepada IDN Times, Jumat (5/2/2021).

Baca Juga: [BREAKING] Pertumbuhan Minus Lagi, Ekonomi Indonesia Menuju Depresi

1. Perekonomian Indonesia minus 2,07 masih lebih baik dari pada kuartal III

Ilustrasi Harga Saham Naik (Bullish) (IDN Times/Arief Rahmat)

Nafan meyakini menterengnya IHSG hari ini karena data Badan Pusat Statistik (BPS) yang mencatat pertumbuhan ekonomi Indonesia di 2020 sebesar minus 2,07 persen.

"Adapun pengumukan PDB Indonesia yang sebesar minus 2,07 persen masih lebih baik dibandingkan konsensus sebesar minus 2,3 persen," katanya.

Meski mengalami kontraksi, pertumbuhan ekonomi Indonesia tercatat mengalami perbaikan. Pada kuartal II pertumbuhan ekonomi Indonesia tercatat minus 5,32 persen. Kemudian pada kuartal III sebesar minus 3,49 persen dan kuartal IV minus 2,19 persen.

Baca Juga: Indonesia Lanjut Resesi, Ekonomi Sulawesi Maluku Papua Malah Kinclong

2. Cadangan devisa dan program vaksinasi ikut dorong penguatan IHSG

Ilustrasi cadangan devisa. (IDN Times/Arief Rahmat)

Tidak hanya pertumbuhan ekonomi, menurut Nafan, IHSG hari ini juga dipengaruhi komitmen pemerintah terhadap porgram vaksinasi dan cadangan devisa Indonesia yang meningkat.

"Market mengapresiasi peningkatan cadangan devisa RI per Januari sebesar 138 miliar dolar AS. Hal ini meningkat dibandingkan perilisan sebelumnya sebesar 135,9 miliar dolar AS," ujarnya.

Baca Juga: IHSG Terus Menguat Jelang Akhir Pekan

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya