TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Rupiah Jeblok Parah, Kamu Bisa Bantu Perkuat dengan 5 Cara Ini Lho! 

Bukan cuma Bank Indonesia yang bisa bangkitkan rupiah lagi!

Foto hanya ilustrasi. (IDN Times/Helmi Shemi)

Jakarta, IDN Times - Nilai tukar rupiah anjlok terhadap dolar Amerika Serikat (AS) pada perdagangan Jumat (28/2). Rupiah dibuka melemah 0,14 persen di level Rp 14.050 per dolar AS dan terus anjlok sepanjang perdagangan.

Pada penutupan perdagangan, nilai tukar menyentuh angka Rp14.340 per dolar AS. Nilai tukar tersebut melemah 2,21 persen dibandingkan penutupan pada hari sebelumnya. Ini merupakan level terlemah sejak Mei tahun lalu. 

Bank Indonesia sudah mengumumkan akan melakukan tiga langkah intervensi serta memberikan stimulan melalui tingkat suku bunga. Tapi, di sisi lain kita pun bisa lho turut andil untuk membantu rupiah kembali menguat.

Berikut ini adalah 5 cara yang bisa kamu lakukan untuk membantu rupiah menguat, dilansir dari halomoney.co.id.

1. Berani pegang rupiah

Ilustrasi (IDN Times/Mela Hapsari)

Kamu harus berani pegang rupiah. Maksudnya kita harus yakin dan terus menggunakan mata uang ini dan tidak ikut-ikutan menukarkan ke dolar. Hal ini disebabkan karena kenaikan dan penurunan perekonomian berlaku seperti sebuah siklus. Cepat atau lambat, nilai mata uang ini akan kembali menguat. 

2. Ayo beli produk lokal

ANTARA FOTO//Novrian Arb

Jangan kebanyakan beli produk impor gula guys. Kamu harus kurangi beli produk impor biar rupiah semakin kuat. Kamu bisa membeli produk dalam negeri, terlepas dari perbedaan kualitas dengan produk impor. Banyak kok produk dalam negeri kita yang keren-keren dan sudah tembus pasar internasional. 

3. Perbanyak transaksi dengan rupiah

Ilustrasi uang. (IDN Times/Mela Hapsari)

Banyak lho sektor yang bisa 'dipaksa' untuk menggunakan rupiah dalam transaksinya. Misal pariwisata. Karena di pariwisata banyak kayak turis yang menggunakan mata uang asing dalam transaksinya. 

Dengan membuat regulasi yang mengharuskan penggunaan mata uang rupiah pada tempat-tempat tersebut, misalnya, turis lokal dan—terutama—mancanegara akan menggunakan rupiah dalam setiap transaksinya. Dengan sendirinya, mereka akan membuat ‘wajah’ rupiah kembali semringah. 

Baca Juga: Pelemahan Rupiah dan Krisis Argentina

4. Jangan aji mumpung dengan menukar rupiah ke dolar

ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan

Karena dolar naik, banyak nih yang menukarkan rupiah ke dolar. Harapannya, tentu agar mereka memperoleh keuntungan. Tapi, akibatnya justru rupiah terus dikeroyok hingga semakin bonyok. Duh! 

Kita perlu rasa nasionalisme yang kuat untuk tidak tergoda mengambil keuntungan dari kejatuhan rupiah.  

Baca Juga: Rupiah Jeblok 2 Persen hingga Menyentuh Rp13.340 

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya