TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Mundur dari Jadwal, Gelombang 4 Kartu Prakerja Dibuka Pekan Depan

Jumlah kuota peserta dijanjikan lebih besar, siap daftar?

Ilustrasi Kartu Pra Kerja (IDN Times/Arief Rahmat)

Jakarta, IDN Times - Pemerintah memastikan segera membuka pendaftaran gelombang 4 Kartu Pra Kerja dalam waktu dekat. Direktur Komunikasi, Kemitraan, dan Pengembangan Ekosistem Manajemen Pelaksana Kartu Prakerja Panji W. Ruky memastikan pada gelombang 4 ini akan menerima peserta lebih banyak dari sebelumnya.

"Kuota jumlah penerima Kartu Prakerja per gelombang akan jauh lebih besar daripada 3 gelombang sebelumnya," kata Panji dalam keterangan tertulisnya, Jumat (31/7/2020).

Pada Senin 13 Juli 2020 lalu, Sekretaris Menko Perekonomian Susiwijono Moegiarso dalam konferensi pers di Kemenko Perekonomian mengatakan untuk gelombang 4 akan dibuka untuk 500 ribu peserta. Nantinya, pihak PMO Kartu Prakerja akan memprioritaskan para pekerja terdampak.

Baca Juga: Perpres Diteken Jokowi, Bos Kartu Prakerja Dapat Gaji Rp77 Juta

1. Dibuka sebelum akhir pekan depan

(Anggaran kartu prakerja dari Kemenko Perekonomian) IDN Times/Arief Rahmat

Panji mengatakan, pendaftaran gelombang 4 Kartu Prakerja akan dibuka sebelum akhir pekan depan. Saat ini Peraturan Menteri Koordinator Perekonomian (Permenko) yang merupakan turunan dari Peraturan Presiden (Perpres) 76/2020 sedang difinalisasi.

"Beberapa kesepakatan dari berbagai Kementerian dan Lembaga juga sedang diproses. Di sisi operasi, Manajemen Pelaksana sedang menyiapkan hal-hal teknis untuk mengakomodasi Perpres, Permenko baru dan arah kebijakan Komite," kata Panji.

2. Mundur dari jadwal sebelumnya

Konferensi pers Perpres 76 Tahun 2020 Kartu Prakerja (IDN Times/Hana Adi Perdana)

Jadwal ini mundur sekitar satu minggu dari yang direncanakan. Sebelumnya, Ketua Tim Pelaksana Komite Cipta Kerja, Rudy Salahuddin mengatakan bahwa pembukaan Kartu Prakerja gelombang 4 akan dilakukan pada minggu ke-4 bulan Juli. Pembukaan dilakukan setelah pihaknya menyelesaikan verifikasi terkait pelaksanaan Kartu Prakerja.

"Pembukaan batch 4 kembali setelah mendapatkan hasil verifikasi terkait pelaksanaan batch 1 sampai 3 terkait pembayaran lembaga pelatihan," ujarnya.

Baca Juga: Kartu Prakerja Gelombang 4 Segera Dibuka, Ini Kata Airlangga

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya