TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Program Biodiesel Indonesia Menjadi Contoh Banyak Negara

Banyak negara belajar rahasia kesuksesan Indonesia

IDN Times/Arief Rahmat

Jakarta, IDN Times  - Deputi Bidang Koordinasi Pangan dan Pertanian Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian Musdhalifah Machmud mengatakan program biodiesel Indonesia menjadi contoh banyak negara lain.

"Sekarang kita bisa mempengaruhi banyak negara," kata Musdhalifah dalam acara diskusi di Gedung Kemenkominfo, Jakarta, Senin (9/12).

Baca Juga: Kementerian ESDM Paparkan Rekomendasi Teknis Mandatori B30 di 2020 

1. Indonesia beberapa tingkat di atas negara lain dalam program biodiesel

Deputi Bidang Koordinasi Pangan dan Pertanian Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian Musdhalifah Machmud (IDN Times/Helmi Shemi)

Musdhalifah mengatakan Indonesia berada beberapa tingkat di atas negara lain. Ia mencontohkan Malaysia yang baru mengadopsi B20 ataupun Thailand yang baru masuk B10 pada pada tahun depan.

"Jadi kita sudah di generate di seluruh dunia. Di kolomobia B5 dan mengusahakan gimana bisa B10 juga," ujarnya.

2. Banyak negara belajar rahasia kesuksesan Indonesia

Diskusi kelapa sawit biodiesel b30 (IDN Times/Helmi Shemi)

Banyak produsen kelapa sawit di dunia yang belajar dan meminta saran kepada Indonesia dalam penerapan biodiesel. Musdhalifah mengatakan kunci kesuksesan pengelolaan biodiesel Indonesia adalah kerja sama berbagai pihak atau stakeholder terkait.

"Kita tidak kerja sendiri tapi kerja sama seperti dengan pelaku otomotif., badan usaha BBM dan badan usaha biodiesel atau FAME di Indonesia. Secara terbukti sampai sekarang tidak banyak masalah berarti, jadi kita bisa mengimplementasi," paparnya.

Baca Juga: Lewati Uji Coba, Biodiesel 30 Siap Dipasarkan

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya