TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Wishnutama Bantah Tudingan Masih Menjabat Komisioner Tokopedia

Kabar itu juga dibantah oleh Tokopedia langsung

IDN Times/Teatrika Handiko Putri

Jakarta, IDN Times - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Wishnutama Kusubandio membantah kabar yang menyebut dirinya masih menjabat sebagai salah satu komisaris di Tokopedia. Pria yang akrab disapa Tama ini mengatakan dia telah melepas semua jabatan ketika ditunjuk menjadi menteri oleh Presiden Joko Widodo Oktober 2019 lalu.

"Pada tanggal 21 Oktober saat saya diminta untuk jadi Menteri sore itu dan besoknya saya langsung mengundurkan diri dari semua jabatan swasta sesuai peraturan yang ada," ujar Tama kepada IDN Times, Senin (18/5).

Baca Juga: Imbas Virus Corona, Wishnutama: Indonesia Kehilangan 11 Juta Wisatawan

1. Tokopedia jelaskan posisi Wishnutama

IDN Times/Hana Adi Perdana

Vice President of Corporate Communications Nuraini Razak membenarkan Tama pernah menjabat salah satu komisaris di Tokopedia. Namun, dia memastikan Tama telah mengundurkan diri sejak 21 Oktober 2019.

"Iya betul pernah menjabat, tapi sudah tidak (lagi). Pak Wishnutama telah mengundurkan diri pada tanggal 21 Oktober 2019, sebelum Bapak Wishnutama dilantik sebagai pejabat publik, effective immediately hari itu juga," terang Nuraini kepada IDN Times.

2. Awal mula permasalahan

Ilustrasi Tokopedia (IDN Times/Sunariyah)

Kabar tersebut beredar berdasarkan data perubahan terakhir Anggaran Dasar PT Tokopedia yang dicatatkan di Kementerian Hukum dan HAM pada 26 Desember 2019. Berdasarkan data itu, eks bos NET TV tersebut tercatat sebagai salah satu komisaris bersama tujuh komisaris lainnya termasuk Komisaris Utama, Agus DW Martowardoyo.

Baca Juga: Wishnutama: Pariwisata Indonesia Rugi Rp38 Triliun akibat Virus Corona

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya