TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Rahasia yang Gak Kamu Sadari di Balik Penggunaan Kartu Kredit!

Cari tahu, ya!

Pexels.com/Pixabay.com

Penggunaan kartu kredit memang kian menjamur saja. Banyak orang yang merasa semuanya lebih mudah terutama saat bertransaksi. Namun, ternyata, kartu kredit bank memiliki berbagai rahasia, lho. Berikut lima rahasia yang mesti kamu tahu di balik penggunaan kartu kredit. Yuk, simak penjelasannya berikut ini!

1. Bunga bisa dinaikan kapan saja tanpa memberitahumu

Pexels.com/Lukas

Risiko penggunaan kartu kredit salah satunya adalah bank bisa menaikkan suku bunga kapan saja tanpa memberitahumu. Karena itu, jangan heran jika tiba-tiba beban pembayaran kartu kreditmu menjadi lebih besar.

Meskipun pemerintah meminta para bank tidak semena-mena memberikan beban bunga yang besar, tetap saja ada suatu kondisi suku bunga bisa naik tanpa memberitahumu. Pihak bank pun kadang tidak memberitahukan jika promosi yang diadakan telah berakhir.

Baca Juga: Tips Jitu Memilih Kartu Kredit yang Tepat untuk Traveler

2. Bonus pengajuan dikenakan pajak

Pexels.com/Pixabay.com

Mungkin, awal-awal, kamu akan merasa senang jika permintaan kreditmu diterima bank. Namun, yang pasti harus kamu tahu, biaya pajak untuk pembuatannya sendiri dibebankan padamu, bukan pada bank.

Oleh sebab itu, jangan heran jika biasanya pembayaran kartu kreditmu lebih besar daripada yang kamu pinjam. Selain faktor bunga, biaya pajak pun ikut memengaruhi.

3. Aktivitas kreditmu bisa diketahui

Pexels.com/Pixabay.com

Semua aktivitas kreditmu tanpa kamu sadari bisa dilihat oleh pihak bank. Jika kamu memiliki riwayat kredit yang baik, biasanya bank akan menawarkan kredit yang menguntungkan untukmu.

Berlaku juga sebaliknya, jika nyatanya riwayat kreditmu kurang baik, biasanya bank akan membebankan suku bunga yang lumayan besar padamu. Oleh sebab itu, berhati-hatilah saat menggunakan kartu kredit. Gunakan dengan baik, ya!

4. Kamu bisa melakukan negosiasi cicilan

Pexels.com/Pixabay.com

Persaingan antarbank pastinya membuat bank mesti memberikan kebijakan yang tidak merugikan nasabah. Oleh sebab itu, jika memang diperlukan, kamu bisa meminta negosiasi cicilan pada bank.

Jika memang cicilannya merugikan, kamu bisa keberatan pada pihak bank. Biasanya, ketika aktivitas kreditmu cukup baik, permintaanmu akan dikabulkan oleh bank.

Baca Juga: Sasar Millennial, Begini Strategi UOB Tambah Pengguna Kartu Kredit

Verified Writer

Indah Shaliha

Someone who loves writing and pottery

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya