TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Jiwasraya Dapat Award di 2018, OJK: Kami Tidak Bertanggung Jawab 

Jiwasraya dapat award BUMN Branding and Marketing Award 2018

Gedung Asuransi Jiwa Jiwasraya, Cikini, Jakarta. (IDN Times/Irfan Fathurohman)

Jakarta, IDN Times - Otoritas Jasa Keuangan menegaskan pihaknya tidak bertanggung jawab atas penghargaan yang diterima asuransi PT Jiwasraya.

"Mengenai apa yang diterima award oleh Jiwasraya, ini merupakan penilaian yang dilakukan di luar pihak otoritas, sehingga validasi atas data, metodologi penilaian dan hasilnya merupakan tanggung jawab para pihak yang memberikan award dimaksud," kata Deputi Komisioner Hubungan Masyarakat dan Manajemen Strategis OJK Anto Prabowo kepada IDN Times, Senin (30/12).

Baca Juga: Kini Bermasalah, Jiwasraya Pernah Banjir Penghargaan di Tahun 2018

1. OJK tidak pernah endorse penghargaan-penghargaan perusahaan asuransi

(Ilustrasi logo Jiwasraya) IDN Times/Irfan Fathurohman

Anto melanjutkan, OJK tidak memberikan hasil penilaian kesehatan baik kondisi dan/atau permasalahan, terhadap lembaga jasa keuangan selain kepada manajemen dan/atau pemilik.

"Laporan publikasi audited sehingga kantor akuntan publik ikut bertanggungjawab. Sementara kami tidak pernah endorse award-award seperti itu yang terkadang berbau gimmick pemasaran," ungkapnya.

2. Laporan keuangan tahun 2017 jadi dasar penilaian award

(Ilustrasi logo Jiwasraya) IDN Times/Irfan Faturohman

Sebelumnya, CEO majalah BUMN Track dan situs bumntrack.co.id SH Sutarto buka suara terkait alasan perusahaan miliknya memberi penghargaan BUMN Branding and Marketing Award 2018 terhadap perusahaan asuransi pelat merah PT Jiwasraya yang tengah bermasalah.

"Penghargaan diberikan sesuai dengan indikasi bahwa pada tahun 2018 Jiwasraya sudah mulai melakukan transformasi setelah tim dari eks dirut BRI yang dipimpin Pak Asmawi Syam masuk," kata pria yang akrab disapa Toto itu kepada IDN Times.

Dasar penilaian yang dilakukan bumntrack.co.id untuk award tersebut adalah laporan keuangan taun 2017 yang telah diaudit. Saat itu dari hasil evaluasi, kondisinya relatif baik, sehingga Jiwasraya masuk dalam BUMN yang mendapat penghargaan.

Baca Juga: Pemberi Penghargaan Ungkap Alasan Kenapa Jiwasraya Dapat Award di 2018

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya