TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

12 Ide Usaha Tanaman Hias dengan Peluang Menjanjikan

Tanaman mana yang tertarik untuk kamu coba?

Ilustrasi tanaman hias (IDN Times/Shemi)

Jakarta, IDN Times - Sejak pandemi COVID-19 melanda Indonesia awal Maret 2020 lalu, banyak masyarakat mencari hobi baru di rumah untuk menghilangkan rasa bosan. Misalnya belajar memasak, berolahraga, nonton drama Korea hingga mengoleksi tanaman hias.

Berbagai macam tanaman hias mulai populer namanya saat pandemi. Mulai dari yang harganya puluhan ribu hingga ratusan juta rupiah. Nah, daripada hanya sekedar mengoleksi, kamu bisa lho menambah pemasukan lewat usaha tanaman hias. Tentunya keuntungan yang didapat juga menjanjikan.

Berikut IDN Times rangkum 12 ide usaha tanaman hias dan tips untuk memulainya dikutip dari tokotalk.com dan bibitonline.com. Yuk disimak!

Baca Juga: Membangun Bisnis ala 'Jungle Boy' Inggris, Cinta Tanaman Berujung Cuan

Baca Juga: Kisah Kebun Binar Bumi, Merintis Bisnis Tanaman Raih Omzet Rp100 Juta

1. Memiliki pengetahuan tentang tanaman hias

Dekorasi tanaman gantung memanfaatkan gantungan baju. (instagram.com/thesills)

Sebelum memulai sebuah usaha, tentunya kamu harus tahu lebih dulu mengenai usaha yang akan kamu lakoni. Kumpulkan sebanyak mungkin informasi mengenai tanaman hias untuk kamu pelajari agar terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan saat bisnismu sudah berjalan.

Semua cara menanam dan informasi lainnya seperti peralatan yang dibutuhkan bisa dengan mudah kamu dapatkan lewat internet. Bahkan keperluan menanamnya pun bisa kamu pesen secara online.

Hal yang perlu kamu lakukan sebelum mulai usaha tanaman hias adalah melakukan percobaan terlebih dahulu, misalnya menanam atau melakukan transaksi pembelian melalui situs tanaman online.

Baca Juga: Tanpa Modal Awal, Bisnis Serum Tanaman Ini Laku Ribuan Botol per Detik

2. Tentukan lokasi untuk menanam

Instagram.com/umahabang

Sebagai awalan, kamu bisa memanfaatkan pekarangan rumah yang kosong untuk menempatkan tanaman hias yang akan kamu jual. Jika kamu seorang pemula, tidak perlu lokasi yang luas untuk menanam.

Kamu bisa menggunakan pot-pot biasa atau menanam dengan teknik hidroponik yang tidak memakan banyak tempat. Pelajari satu demi satu teknik penanaman sehingga kamu mampu menguasainya.

Jika usahamu sudah mulai berjalan, kamu bisa pertimbangkan untuk menyewa lahan agar tanamanmu semakin bervariasi dan usahamu semakin berkembang.

3. Persiapkan media tanam yang cocok

Ilustrasi tanaman hias (Pixabay/yanochkandreeva)

Media tanam yang digunakan saat ini semakin beragam dan bervariasi. Ada berbagai pilihan media tanam yang bisa kamu pilih seperti rockwoll, pot hidroponik, pot gantung, sekam hitam, sekam kandang, kompos, dan masih banyak yang lainnya.

Media tanam yang menarik juga menjadi kunci penting dalam menanam. Selain menarik perhatian calon konsumen juga bisa menentukan bagus tidaknya pertumbahan sebuah tanam.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya