TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Daftar Kekayaan Presiden Indonesia, Siapa Paling Tajir? 

Mulai dari Soekarno hingga Jokowi

Presiden Joko “Jokowi” Widodo beri arahan dalam Rakornas BMKG 2022. (dok. YouTube Info BMKG).

Jakarta, IDN Times – Harta kekayaan milik para pejabat negara dan konglomerat tak pernah luput dari perhatian publik. Termasuk juga, harta kekayaan para pesiden Republik Indonesia.

Sejak kemerdekaan Indonesia pada 1945 lalu, Indonesia telah dipimpin oleh 7 presiden. Mulai dari Soekarno, Soeharto, B.J Habibie, Gus Dur, Megawati, SBY, hingga Jokowi. Publik pun bertanya-tanya, berapa banyak harta yang dimiliki masing-masing presiden RI tersebut dan siapa yang memiliki harta paling banyak?

IDN Times telah merangkum perkiraan kekayaan presiden RI, mulai dari presiden pertama hingga presiden ketujuh saat ini. Simak ulasannya ya!

Baca Juga: Harta Rp2 Ribu Triliun, Gautam Adani Jadi Orang Terkaya ke-3 di Dunia

1. Soekarno

Foto Olly Siti Soekini bersama Presiden RI, Ir. Soekarno

Kekayaan presiden pertama RI, Soekarno, pernah dimuat dalam Kronen Zeitung, salah satu surat kabar asal Austria. Soekarno dikabarkan memiliki 57 ribu ton emas yang diberikan Amerika.

Total kekayaan proklamator RI ini ditaksir mencapai 180 miliar dolar AS atau sekitar Rp22 triliun dan kabarnya disimpan di Union Bank of Switzerland (UBS).

Baca Juga: Profil Surya Darmadi, Buron yang Sempat Masuk Daftar Orang Terkaya RI

2. Soeharto

Presiden ke-2 RI Soeharto. (Dok. Arsip Nasional RI)

Mantan purnawirawan jenderal ini memiliki banyak yayasan yang tersebar di berbagai tempat dan menjadi salah satu sumber kekayaannya. Selain itu, presiden yang akrab disapa Pak Harto ini juga memiliki real estate seluas 3.6 hektare di sejumlah kota besar Indonesia.

Seperti yang dikutip dari The Washington Post, Sabtu (27/8/2022), menurut majalah Forbes, total kekayaan presiden kedua RI ini diperkirakan mencapai 16 miliar dolar AS atau sekitar Rp237 triliun (kurs Rp14.829). Sementara, jumlah kekayaan keluarganya bila digabungkan mencapai 35 miliar dolar AS atau Rp519 triliun. 

3. B.J Habibie

Youtube.com/Najwa Shihab

Menurut catatan majalah Fed Intern Economy Review, kekayaan presiden yang pernah mengenyam pendidikan tinggi di Jerman ini diprediksi mencapai 60 juta dolar AS atau sekitar Rp889 miliar. Sumber kekayaannya berasal dari sejumlah usaha di bidang teknologi yang ia tekuni, seperti industri pertanian, perkebunan, dan industri lainnya di Batam.

Baca Juga: Daftar Orang Terkaya di Dunia Terkini Versi Bloomberg

4. Abdurrahman Wahid

Mendiang Presiden ke-4 RI, Abdurrahman Wahid alias Gus Dur (www.nu.or.id)

Abdurrahman Wahid atau yang lebih dikenal dengan Gus Dur ini tercatat sebagai presiden dengan kekayaan paling sedikit di Indonesia. Berdasarkan data LHKPN 2021, harta milik Gus Dur diketahui hanya sebesar Rp3,4 miliar saja. Harta itu bersumber dari kepemilikan kas dan giro serta yayasan yang ia miliki.

5. Megawati Soekarnoputri

Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri (ANTARA FOTO/Fikri Yusuf)

Menurut data LHKPN 2015, putri Presiden Soekarno ini memiliki kekayaan sebesar Rp96,164 miliar. Kekayaannya berasal dari sejumlah usaha yang dijalankan, mulai dari SPBU hingga penyewaan tanah dan bangunan di Jakarta. 

Baca Juga: 3 Tahun Jadi Menkominfo, Kekayaan Johnny G Plate Tambah Rp19 M

6. Susilo Bambang Yudhoyono (SBY)

Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) (Twitter/@SBYudhoyono)

Mantan presiden ke-enam RI yang tengah gemar melukis ini pernah masuk ke dalam jajaran 10 orang terkaya di Indonesia versi majalah Forbes. Susilo Bambang Yudhoyono atau yang akrab disapa SBY ini diperkirakan memiliki kekayaan sekitar Rp6,8 triliun.

Kekayaan itu bersumber dari kepemilikan sejumlah tanah dan bangunan di Bogor seluas 3185 meter persegi dan 954 meter persegi.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya