TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Barang Modal: Pengertian dan Contohnya

Apa Itu Barang Modal?

Pixabay

Pada umumnya harta berwujud yang sering digunakan dalam memproduksi barang lainnya sebagai produk perusahaan atau capital goods. Barang modal ini memiliki pengertian yaitu barang yang memiliki kualitas yang tahan lama dapat digunakan dalam produksi barang atau memberikan sebuah pelayanan kepada konsumen.

Barang modal juga menjadi salah satu dari tiga barang produksi seperti tanah dan pekerja, dimana ketiga barang ini dikenal sebagai faktor produksi primer. Terdapat perbedaan antara barang modal dengan barang konsumsi, berikut merupakan penjelasan mengenai perbedaan tersebut.

Baca Juga: Arus Modal Masuk: Pengertian, Fungsi dan Jenisnya

Baca Juga: Anggaran Modal: Pengertian, Jenis dan Tujuannya 

1. Perbedaan barang modal dengan barang konsumsi

Unsplash.com/Steve Ding
  1. Barang akhir (final good) merupakan barang yang dihasilkan dari tujuan tindakan ekonomi yang digunakan dalam memenuhi kebutuhan konsumen. Contoh dari barang akhir yaitu barang tahan lama (durable good) seperti mobil, televisi, almari dan lainnya. Selain itu, terdapat barang yang tidak tahan lama (non-durable good) seperti makanan segar, buah-buahan, sayur-sayuran dan lainnya.
  2. Barang modal (capital good) merupakan barang sebagai penunjang produsen yang digunakan dalam menciptakan, meningkatkan dan menghasilkan produksi.
  3. Barang antara (intermediate good) yaitu merupakan bukan barang aktif karena masih membutuhkan proses kembali sebelum akhirnya dapat digunakan oleh konsumen. Contoh dari barang ini yaitu besi, baja dan tekstil.

Setelah mengetahui  perbedaan antara barang modal dengan barang konsumsi, terdapat penjelasan mengenai contoh dari barang modal berdasarkan sifat, fungsi, wujud dan penggunaannya. Berikut merupakan penjelasan mengenai contoh-contoh dari barang modal antara lain.

Baca Juga: Biaya Modal: Pengertian, Tujuan dan Jenisnya

2. Contoh barang modal

Google

Contoh Barang Modal Berdasarkan Sifat
Barang modal berdasarkan sifatnya merupakan barang modal yang memiliki jumlah yang tidak terbatas dan sebagai pemuas kebutuhan dan keinginan kamu, berikut merupakan contoh dari barang modal berdasarkan sifatnya.

  1. Barang yang memiliki jumlah yang tidak terbatas  seperti halnya oksigen, air dan tanah (barang bebas).
  2. Barang yang digunakan sebagai pemuas kebutuhan seperti halnya barang ekonomi. 

Contoh Barang Modal Berdasarkan Fungsi
Barang modal berdasarkan fungsinya yaitu merupakan barang modal yang dapat dikonsumsi secara langsung ataupun barang produksi. Berikut merupakan contoh dari barang modal berdasarkan fungsinya yaitu.

  1. Barang yang dapat langsung dikonsumsi secara langsung seperti makanan.
  2. Barang yang digunakan dalam memproduksi barang dan jasa seperti halnya barang dalam memproduksi barang dan jasa seperti mesin jahit. 

Contoh Barang Modal Berdasarkan Wujudnya
Barang modal berdasarkan wujudnya yaitu merupakan barang modal yang dapat berupa barang abstrak dan barang konkret. Berikut merupakan contoh dari barang modal berdasarkan wujudnya yaitu terdiri

  1. Barang yang berharga tetapi tak nyata seperti halnya hak cipta.
  2. Barang yang memiliki wujud seperti halnya motor.

Contoh Barang Modal Berdasarkan Penggunaannya
Barang modal berdasarkan penggunaannya yaitu merupakan barang modal yang terdiri dari barang substitusi dan barang komplementer. Berikut merupakan contoh dari barang modal berdasarkan penggunaannya yaitu.

  1. Barang yang digantikan seperti kemeja, baju, sepatu dan lain-lainnya.
  2. Barang yang melengkapi suatu hal seperti mouse yang melengkapi komputer ataupun laptop. 

Jika terdapat barang modal, maka diperlukan fasilitas dalam memproduksi barang  atau untuk penunjang kelancaran proses produksi. Berikut merupakan beberapa poin dari fasilitas dalam kelancaran proses produksi.

3. Fasilitas dalam kelancaran proses produksi

Sebenarnya barang modal ini diperlukan dalam membantu untuk memproduksi barang dan jasa sebagai faktor pertumbuhan perekonomian seperti pabrik, mesin, peralatan dan perlengkapan produksi ataupun berbagai bangunan dan fasilitas perusahaan. Berikut merupakan fasilitas dalam kelancaran proses produksi:

  1. Pesawat komersial yang dapat digunakan oleh maskapai dalam menghasilkan jasa transportasi maupun pesawat terbang yang digunakan dalam bisnis sekaligus liburan.
  2. Truk dan mobil yang dapat digunakan sebagai pengangkut baran dan jasa dari tempat produksi menuju ke distributor-distributor yang ada.
  3. Komputer, lemari es dan mesin pencuci piring dapat digunakan sebagai penggunaan komersial.
  4. Roti termasuk ke dalam barang konsumsi dan oven besar yang digunakan untuk perusahaan roti dalam memanggang roti adalah termasuk barang modal.
  5. Baju yang biasanya dikenakan kita termasuk ke dalam barang konsumsi, tetapi mesin jahit yang biasa digunakan dalam memproduksi pakaian termasuk ke dalam barang modal.

Dapat disimpulkan jika barang modal bisa dihubungkan dengan barang akhir dan barang antara, tetapi ketiga barang ini memiliki perbedaan. Adapun beberapa elemen penting dari adanya proses produksi berikut merupakan poin-poinnya.

  1. Sumber daya alam, seperti tanah, oksigen, air dan lain-lainnya.
  2. Tenaga pekerjaan, yaitu orang yang bertugas dalam menghasilkan produk atau barang.
  3. Kewirausahaan yaitu dorongan dalam menciptakan suatu perusahaan batu untuk memiliki penghasilan.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya