TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Mengenal Pemberitahuan Penarikan Uang untuk Jumlah Besar

Biasanya berlaku untuk deposito berjangka

ilustrasi mengambil uang di ATM (pexels.com/Ono Kosuki)

Mungkin saat ini kamu sedang menggunakan layanan atau produk yang diberikan oleh bank. Adanya bank dapat membantu berjalannya berbagai jenis transaksi keuangan, yang paling umum digunakan adalah untuk menabung, transfer, dan penarikan uang.

Saat melakukan penarikan dalam jumlah yang banyak, maka bank meminta deposan untuk memberitahu pihak bank terlebih dahulu sebelum tanggal penarikan. Agar lebih paham, berikut penjelasannya.

Baca Juga: 5 Perbedaan Tabungan dan Deposito, Kudu Paham biar Bisa Milih! 

1. Apa itu pemberitahuan penarikan?

ilustrasi mengisi formulir (Pexels/Matthias Zomer)

Mengutip Smart Capital Mind, pemberitahuan penarikan dalam pengertian keuangan adalah pemberitahuan menggunakan formulir tertulis yang diserahkan ke bank atau lembaga keuangan lain yang menyimpan simpanan di rekening, untuk menunjukkan bahwa uang akan ditarik dari rekening.

Pemberitahuan penarikan biasanya dibutuhkan saat hendak menarik dana dari rekening deposito berjangka. Bank dapat meminta deposan untuk memberikan pemberitahuan dalam jangka waktu tujuh hari sebelum melakukan penarikan.

Selain berlaku untuk rekening deposito berjangka, beberapa bank juga mensyaratkan adanya pemberitahuan penarikan untuk rekening tabungan biasa apabila nasabah ingin menarik dana dalam jumlah besar. Umumnya penarikan di atas Rp100 juta.

2. Mengapa pemberitahuan penarikan penting?

Cek sebagai bukti transaksi (canva.com)

ATM memiliki limit tarik tunai per hari. Sehingga nasabah yang membutuhkan dana dalam jumlah besar, misalnya Rp150 juta, akan sulit jika mengambil secara continue lewat mesin ATM.

Solusinya, nasabah bisa mengunjungi teller bank dan memberitahukan niatnya untuk menarik dana besar. Namun, pemberitahuan hendaknya diberikan ke bank beberapa hari sebelum hari penarikan.

Sebab, pengambilan dana dalam jumlah besar dapat mempengaruhi likuiditas bank. Adanya pemberitahuan penarikan lebih awal akan menjadi suatu antisipasi bagi bank dan memastikan adanya ketersediaan dana yang cukup.

Baca Juga: Global Wallet, Solusi Bebas Tarik Tunai saat di Luar Negeri

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya