TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Mengenal Pengangkutan di Darat dan Fungsi Utamanya

Abang kurir paket jadi salah satu pemainnya, nih

ilustrasi pengiriman barang (unsplash.com/HiveBoxx)

Pengangkutan atau proses distribusi merupakan hal krusial dalam kehidupan sehari-hari. Kamu pasti senang kan, jika paket pesanan dari belanja di e-commerce sampai di rumah tepat waktu tanpa kerusakan.

Nah, adanya pengangkutan akan melancarkan arus perdagangan serta penyaluran barang dari produsen ke konsumen, baik antarkota maupun ke luar negeri.

Pengangkutan sendiri dibagi menjadi beberapa jenis, yaitu pengangkutan darat, pengangkutan laut, dan pengangkutan udara. Kali ini, mari pahami lebih lanjut tentang pengangkutan di darat. Simak artikel ini sampai habis, ya.

Baca Juga: Bisnis Kargo Singapore Airlines Naik 38,8 Persen saat Pandemik

Baca Juga: PT Pos Siap Bangun Digital Ekosistim  Logistik Pertama di Indonesia 

1. Pengertian pengangkutan di darat

Potret kereta api jarak jauh (unsplash.com/fhry)

Pengangkutan di darat atau land transportation merupakan kegiatan ekonomi di mana sebuah lembaga atau perusahaan memanfaatkan transportasi darat untuk mengangkut objek berupa barang maupun orang. Pengangkutan di darat termasuk jenis kegiatan ekonomi yang bertujuan untuk memberi jasa angkutan di darat.

Ada dua bentuk utama dari transportasi darat, yaitu transportasi kereta api dan transportasi jalan. Contoh dari transportasi darat di jalan adalah mobil, bus, motor, bemo, dan angkot.

2. Fungsi utama pengangkutan di darat

Ilustrasi taksi (unsplash.com/jannerboy62)

Secara garis besar, ada dua fungsi utama pengangkutan di darat, yaitu fungsi untuk penumpang dan fungsi untuk kargo. Berikut pembahasannya.

1. Fungsi untuk penumpang
Angkutan umum dan angkutan pribadi merupakan klasifikasi dari pengangkutan darat untuk penumpang. Fungsinya adalah untuk memfasilitasi kegiatan penumpang seperti pergi bekerja, jalan-jalan, migrasi, liburan, dan kegiatan lainnya.

2. Fungsi untuk kargo
Bidang manufaktur adalah bidang yang sangat memiliki ketergantungan pada transportasi di darat. Fungsinya adalah mendistribusikan produk dari produsen ke konsumen maupun ke distributor lainnya.

Baca Juga: Tarif Angkutan Penyeberangan Naik, Ini Rincian Biayanya

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya