TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Bill Gates: Saya bukan seperti Jeff Bezos maupun Elon Musk

Tapi Bill Gates memuji Tesla

Bill Gates (Instagram/@thisisbillgates)

Jakarta, IDN Times - Pendiri Microsoft Bill Gates mengaku tidak seperti CEO Amazon Jeff Bezos maupun CEO Tesla Elon Musk. Hal itu karena ia tidak begitu tertarik membawa manusia ke luar angkasa, seperti kedua miliarder tersebut.

Namun, ia mengatakan pengakuannya itu bukan untuk merendahkan siapa pun, apalagi Elon Musk menurutnya membawa pengaruh besar pada isu perubahan iklim.

“Ya, penting untuk mengatakan bahwa apa yang Elon lakukan dengan Tesla adalah salah satu kontribusi terbesar terhadap perubahan iklim yang pernah dilakukan siapa pun. Dan tahukah Anda, meremehkan Elon bukanlah ide yang baik,” kata Gates kepada Kara Swisher di podcast-nya.

Baca Juga: Profil Tesla, Raksasa Otomotif AS yang Mau Tanamkan Uangnya di RI

1. Bill Gates lebih tertarik dengan isu perubahan iklim

gatesfoundation.org

Salah satu orang terkaya di dunia, yang kekayaan bersihnya mencapai lebih dari 130 miliar dolar Amerika Serikat (AS) menurut Bloomberg Billionaires Index itu, mengaku lebih tertarik dengan isu perubahan iklim. Ia bahkan telah merilis buku baru yang berjudul Bagaimana Menghindari Bencana Iklim.

“Kita perlu fokus pada beberapa masalah perubahan iklim yang lebih besar di bumi ini,” katanya, sebagaimana dilaporkan CNBC.

Baca Juga: Mengenal Jeff Bezos, 3 Kali di Puncak Daftar Orang Terkaya Dunia

2. Bill Gates memuji Tesla

Elon Musk, pendiri Musk Foundation. instagram.com/elonrmuskk

Dalam wawancara tersebut, Gates berulang kali memuji Tesla. Dia mengatakan perusahaan seperti Tesla melakukan pekerjaan hebat dengan mobil listriknya. Namun, menurutnya, perusahaan lain juga perlu berkontribusi untuk perubahan iklim agar membawa dampak baik yang lebih besar.

“Pada dasarnya kami tidak melakukan cukup banyak hal yang keras: baja, semen, daging,” katanya. “Dan sayangnya, hal-hal yang dipikirkan orang--listrik, mobil penumpang--adalah sepertiga dari masalahnya. Jadi kita harus mengerjakan dua pertiganya,” kata dia.

Gates juga memperingatkan orang-orang untuk tidak hanya memikirkan keuntungan jangka pendek. “Dan jika semua yang Anda perhatikan adalah metrik jangka pendek tersebut, bukan premi hijau secara keseluruhan, Anda akan kehilangan waktu tunggu terpanjang, yang merupakan hal yang sulit.”

Baca Juga: Jeff Bezos Kembali Jadi Orang Terkaya di Dunia, Geser Elon Musk

3. Bill Gates lebih tertarik menghabiskan uang untuk vaksin

Jeff Bezos (Twitter/@JeffBezos)

Selain isu perubahan iklim, Gates juga mengatakan, lebih suka menghabiskan uang untuk vaksin campak daripada bepergian ke luar angkasa dengan roket.

“Saya tidak akan membayar banyak uang karena yayasan saya dapat membeli vaksin campak seharga 1.000 dolar AS dan menyelamatkan nyawa. Jadi apapun yang saya lakukan, saya selalu berpikir, oke, saya bisa menghabiskan 1.000 dolar itu untuk membeli vaksin campak,” kata dia.

Baca Juga: Jeff Bezos Kembali Jadi Orang Terkaya di Dunia, Geser Elon Musk

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya