TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Masih Melempem Seharian, Rupiah Ditutup ke Level Rp14.351 Sore Ini

Rupiah melemah 5 poin sore ini

Ilustrasi rupiah (ANTARA FOTO/Rivan Awal Lingga)

Jakarta, IDN Times – Nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (AS) melemah pada penutupan perdagangan hari ini, Kamis (24/3/2022).

Dikutip dari Bloomberg, rupiah melemah 5 poin ke level Rp14.351 per dolar AS sore ini. Pada penutupan sebelumnya, rupiah berada di level Rp14.346 per dolar.

Baca Juga: Yuk, Ajari Anak Menabung Sejak Dini dengan 5 Cara Ini

Baca Juga: Inflasi Tinggi, Rupiah Dibuka Melemah ke Level Rp14.365

1. Faktor pelemahan rupiah

Direktur PT. TRFX Garuda Berjangka Ibrahim Assuaibi menyebut rupiah melemah sore ini karena dolar menguat didukung oleh kemungkinan Presiden AS Joe Biden yang dapat mengumumkan sanksi lebih lanjut terhadap Rusia di kemudian hari.

Sanksi tersebut sebagai tanggapan atas invasi Rusia ke Ukraina pada 24 Februari lalu.

Baca Juga: Yakin Bisa Punya Tabungan Rp100 Juta! Cek 6 Gaya Menabung Ini Dulu

2. Rupiah abaikan kabar baik dari IMF

Pelemahan rupiah sore ini juga terjadi meski ada angin segar dari Dana Moneter Internasional (IMF). Lembaga tersebut menilai Indonesia berhasil menjaga stabilitas ekonomi dan sektor keuangan di tengah pandemik. Hal tersebut terungkap dalam laporan Article IV Consultation tahun 2021 yang dirilis pada Rabu (23/3/2022).

“Dengan informasi dari IMF tersebut, Bank Indonesia (BI) dan Pemerintah menyambut baik hasil asesmen IMF tersebut dan ini akan menjadi berkah tersendiri bagi pemulihan ekonomi pasca COVID-19 dan invasi Rusia ke Ukraina,” kata Ibrahim.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya