TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

SEC Perketat Aturan untuk Perusahaan Tiongkok yang IPO di AS

Ini diumumkan setelah Tiongkok meluncurkan tindakan keras

Trading Floor di New York Stock Exchange (NYSE), Wall St. (twitter.com/NYSE)

Jakarta, IDN Times – Komisi Sekuritas dan Bursa (SEC) Amerika Serikat (AS) pada Jumat (30/7/2021) mengatakan bahwa pihaknya akan meminta pengungkapan tambahan dari perusahaan-perusahaan Tiongkok yang berniat mendaftar (IPO) di bursa saham AS.

Pengumuman itu disampaikan setelah Tiongkok meluncurkan tindakan keras yang intensif terhadap penerbitan saham di luar negeri.

“Mengingat perkembangan terakhir di Tiongkok dan risiko keseluruhan dengan struktur [entitas kepentingan variabel] yang berbasis di Tiongkok, saya telah meminta staf untuk mencari pengungkapan tertentu dari emiten luar negeri yang terkait dengan perusahaan yang beroperasi yang berbasis di Tiongkok sebelum pernyataan pendaftaran mereka diumumkan efektif,” kata Ketua SEC Gary Gensler dalam sebuah pernyataan, menurut CNBC.

Baca Juga: Setelah Denda Alibaba, Tiongkok Beri Peringatan untuk Sektor Teknologi

1. Struktur entitas kepentingan variabel

IDN Times/Dwifantya Aquina

Entitas kepentingan variabel adalah struktur yang digunakan oleh perusahaan-perusahaan besar Tiongkok, dari Alibaba hingga JD.com, untuk go public di AS sambil menghindari pengawasan dari Tiongkok karena negara tersebut tidak mengizinkan kepemilikan asing langsung dalam banyak kasus.

Entitas kepentingan variabel ini memungkinkan perusahaan yang beroperasi yang berbasis di Tiongkok untuk mendirikan perusahaan cangkang lepas pantai di yurisdiksi lain dan menerbitkan saham kepada pemegang saham publik.

Baca Juga: Mantan Staf Gedung Putih Jadi Kepala Kebijakan Bursa Cryptocurrency

2. Kekhawatiran AS

unsplash.com/AustinDistel

Gensler mengatakan dia khawatir bahwa rata-rata investor mungkin tidak menyadari bahwa mereka memegang saham di perusahaan cangkang, bukan di perusahaan yang beroperasi yang berbasis di Tiongkok.

Oleh karenanya SEC akan meminta perusahaan Tiongkok untuk membedakan dengan jelas layanan manajemen perusahaan cangkang dari perusahaan yang beroperasi, sambil menyatakan risiko apa pun dari tindakan pemerintah Tiongkok di masa depan.

Baca Juga: Tiongkok-AS Belum Sepakat Soal Perjanjian Dagang 

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya