TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Beli Rumah Cash atau KPR? Ini Kata Perencana Keuangan

Kamu tim beli rumah cash atau kredit?

Ilustrasi beli rumah. (IDN Times/Anata)

Jakarta, IDN Times - Masyarakat terutama dari generasi Millennial dan Gen Z sempat terbagi dalam dua kelompok soal kepemilikan rumah. Ada yang bersikeras membeli rumah harus tunai alias cash, ada pula kelompok menggunakan kredit untuk memiliki rumah.

Menanggapi fenomena tersebut, Perencana Keuangan dari Advisors Alliance Group Indonesia, Andy Nugroho melihat keduanya sebagai kelompok yang dapat terbentuk sesuai dengan kondisi finansialnya.

Namun, menurut Andy membeli rumah secara tunai memiliki keunggulan tersendiri dibandingkan kredit atau menggunakan KPR.

"Memang betul membeli properti secara cash itu nominal uang yang perlu kita bayarkan akan jauh lebih kecil dibandingkan dengan kita beli secara kredit. Jadi, bila memang dananya untuk beli cash tersedia, ya sebaiknya beli secara cash saja," tutur Andy kepada IDN Times, Rabu (9/8/2023).

Baca Juga: 6 Perbedaan KPR Syariah dan Konvensional, Biar Gak Asal Pilih!

Baca Juga: Cara Mengajukan KPR BTN Rent to Own, Catat!

1. Bagaimana dengan kredit pemilikan rumah?

Ilustrasi Kredit Cicilan Rumah. (IDN Times/Aditya Pratama)

Lantas, bagaimana dengan kredit untuk memiliki rumah? Andy menyampaikan, kredit pembelian rumah bisa menjadi solusi ketika kondisi keuangan tidak memungkinkan untuk membeli rumah secara tunai.

"Namun, bila dananya terbatas maka pilihan yang lebih masuk akal untuk bisa punya rumah adalah dengan cara kredit atau KPR," kata Andy.

2. Beli rumah secara kredit adalah utang baik

Ilustrasi bangunan. (IDN Times/Aditya Pratama)

Selain itu, sambung Andy, membeli properti atau rumah secara kredit merupakan utang yang baik. Hal itu lantaran harga rumah bisa lebih tinggi ketika kredit telah selesai.

"Meskipun nominal yang harus kita bayar lebih besar daripada harga cash-nya, tetapi seiring berjalannya waktu, ketika kreditnya selesai maka harga propertinya pun sudah ikut naik dibanding harga belinya dulu," papar Andy.

Baca Juga: Berencana KPR Rumah? Ini 4 Tanda Kamu Sudah Siap

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya