TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Erick Thohir Surati Bos-Bos BUMN, Minta Gunakan Kendaraan Listrik

Erick mau semua BUMN menggunakan motor dan mobil listrik

Menteri BUMN, Erick Thohir dalam peluncuran BUMN Startup Day 2022 (IDN Times/Ridwan Aji Pitoko)

Jakarta, IDN Times - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Erick Thohir ingin penggunaan kendaraan listrik di lingkungan perusahaan pelat merah dipercepat. Hal itu membuatnya telah menandatangani surat berisi percepatan tersebut.

Dalam surat tersebut, Erick mengajak BUMN untuk mempercepat program kendaraan bermotor listrik berbasis baterai, baik roda dua maupun roda empat.

"BUMN sebagai salah satu pilar ekonomi nasional memiliki peran dan tanggung jawab dalam mengimplementasikan komitmen pemerintah," kata Erick dalam keterangan resmi yang diterima IDN Times, Rabu (14/9/2022).

Baca Juga: BCA Bidik Kredit Kendaraan Listrik

Baca Juga: PLN Siapkan 900 Lebih Kendaraan Listrik untuk Presidensi G20 di Bali

1. Titah Erick kepada para BUMN

Motor listrik GESITS (Dok.GESITS)

Isi lainnya dari surat tersebut adalah permintaan Erick kepada seluruh perusahaan BUMN untuk mengalokasikan sumber daya di lingkungan grup perusahaan. Hal itu berupa penyediaan anggaran guna mendorong percepatan penggunaan kendaraan listrik.

Bukan hanya itu, eks Presiden Inter Milan itu juga mendorong Anggota Direksi dan pimpinan peruahaan untuk mejadikan kendaraan listrik sebagai kendaraan dinas atau operasional mereka.

"Bahkan program kepemilikan kendaraan bagi karyawan, didorong untuk beralih ke kendaraan listrik. Meski demikian, dalam pelaksanaannya tetap memperhatikan azas manfaat dan kemampuan keuangan perusahaan," ujar Erick.

2. Erick minta PLN dan Pertamina bersinergi

Tempat penukaran baterai motor listrik di SPBU Pertamina Jalan Tentara Pelajar, Jakarta. (IDN Times/Ridwan Aji Pitoko)

Erick pun kemudian menegaskan PT PLN (Persero) dan PT Pertamina (Persero) agar bersinergi dengan BUMN lainnya dalam hal penyiapan infrastruktur pendukung seperti Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) dan Stasiun Penukaran Baterai Kendaraan Listrik Umum (SPBKLU) pada sektor-sektor yang dikelola BUMN seperti tempat rehat jalan tol, bandar udara, pelabuhan, stasiun KA, kawasan pariwisata, dan SPBU.

Tidak hanya itu, Erick juga meminta BUMN sektor perbankan untuk memberikan dukungan berupa kemudahan pembiayaan bagi masyarakat yang hendak membeli kendaraan listrik, baik mobil maupun motor.

Baca Juga: Erick Thohir Bakal Blacklist Direksi yang Bikin Jelek BUMN

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya