TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Wapres Yakin 10 Juta Sertifikat Halal untuk Produk Tercapai Tahun Ini

Sertifikasi halal terkendala anggaran

Wapres Ma’ruf Amin meresmikan Pembukaan Kepri Ramadan Fair 2024 (KURMA 2024) dan Seminar Produk Halal Go Global di Riau pada Jumat (15/03/2024). (dok. Setwapres)

Jakarta, IDN Times - Pemerintah telah menetapkan target 10 juta sertifikasi halal pada 2024. Namun, sampai saat ini capaian tersebut masih berada di kisaran 3 juta. Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal (BPJPH) mengakui terdapat kendala keterbatasan anggaran 2024 untuk mengejar sasaran atau target tersebut.

Wakil Presiden (Wapres), Ma'ruf Amin pun angkat suara terkait ketercapaian target sertifikasi halal tersebut. Ma'ruf mengaku belum menerima laporan secara detail mengenai capaian target dan juga kendala-kendala yang dihadapi. Namun, dia memastikan akan terus mendorong penuntasan target ini.

“Menurut informasi, sudah 4 juta, ya artinya memang belum mencapai target. Nah, itu yang akan kita coba bagaimana [menuntaskan target],” tutur Ma'ruf dalam keterangan pers usai membuka Kepri Ramadan Fair (KURMA) 2024 dan Seminar Produk Halal Go Global di Tanjungpinang, Provinsi Kepulauan Riau (Kepri), Jumat (15/03/2024).

Baca Juga: BUMN Bantu UMKM Kantongi Sertifikat Halal

1. Pemerintah berkomitmen mendorong sertifikasi halal

Wapres Ma’ruf Amin meresmikan Pembukaan Kepri Ramadan Fair 2024 (KURMA 2024) dan Seminar Produk Halal Go Global di Riau pada Jumat (15/03/2024). (dok. Setwapres)

Menurut Ma'ruf, pemerintah selama ini terus berkomitmen mendorong sertifikasi halal tersebut antara lain dengan menyiapkan berbagai infrastruktur pendukungnya.

“Karena itu, kalau ada kendala-teknis teknis, nanti kita akan cari kita akan terus [atasi] supaya layanan sertifikasi ini terus cepat dilakukan,” kata dia.

2. Ma'ruf optimistis target 10 juta sertifikasi halal tercapai

Sertifikat halal (Istimewa)

Berkaitan dengan itu, Ma'ruf pun optimistis target 10 juta sertifikasi halal tersebut dapat diwujudkan.

“Optimisme tercapai,” kata dia singkat.

Baca Juga: Sertifikat Halal Wajib Tahun Depan, Produk Asing Ramai-ramai Daftar

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya